Peduli Kesehatan, Mahasiswa KKN Univet Terlibat Kegiatan Posyandu

Print Friendly and PDF

Helga Arqila Santoso ikut serta membantu petugas kesehatan dalam kegiatan posyandu. 

Peduli Kesehatan, Mahasiswa KKN Univet Terlibat Kegiatan Posyandu

Solo- majalahlarise.com -Posyandu (Pos Pelayanan Keluarga Berencana Terpadu) merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, untuk, dan bersama masyarakat yanh dibantu oleh petugas kesehatan dari kelurahan, guna untuk memberdauakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Posyandu ini merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setiap sebulan sekali. Posyandu dilakukan untuk melayani balita melakukan imunisasi, timbang berat badan, serta ukur tinggi badan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Univet Bantara Sukoharjo, Helga Arqila Santoso yaitu ikut serta dalam membantu petugas kesehatan untuk melakukan kegiatan posyandu. 

Tujuan dari posyandu adalah menurunkan angka kematian pada bayi (AKB), angka kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas, menambah asupan gizi dan vitamin pada balita, serta memberikan penyuluhan tentang ASI yang baik dan benar. Selain itu terdapat kegiatan pokok dari posyandu yaitu KIA, KB, Imunisasi, Gizi, dan Penanggulangan Diare.

Kegiatan Posyandu dilakukan pada hari  Jumat 17 Sepember 2021, di Kampung Menangan RW 01, Kelurahan Joyosuran, Kecamatan Pasar Klowon, Kota Surakarta kali ini berbeda dikarenakan adanya pandemi Covid-19 makan Posyandu dilakukan secara keliling dari satu RT ke RT yang lainnya.

"Tujuan diberlangsungkannya Posyandu keliling adalah untuk mengurangi jumlah kerumunan dan karena juga adanya PPKM Jawa-Bali. Kegiatan Posyandu dimulai pukul 08.00-11.00. Balita yang mengikuti posyandu sebanyak 63 anak, ibu hamil 5 orang, sedangkan jumlah kader yang mengikuti berjumlah 13 orang," terang Helga kepada majalahlarise.com.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan posyandu diawali dengan mendaftar kepada salah satu petugas kemudian mengisi identitas, dilanjutkan dengan menimbang berat badan anak kemudian memberi penyuluhan jika berat badan anak kurang serta pemberian imunisasi dan yang terakhir adalah pemberian snack. 

"Pelayanan kesehatan ini berupa imunisasi, pemberian vitamin, pembagian pil KB, dan konsultasi mengenai KB," katanya (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top