Mahasiswa KKN Univet Sosialisasikan Pembuatan POC Bersama Ibu Petani

Print Friendly and PDF

Desi Lestyawati mensosialisasikan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC).

Mahasiswa KKN Univet Sosialisasikan Pembuatan POC Bersama Ibu Petani

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dukuh Ngampas RT 01 RW 04, Desa Karangwuni, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Desi Lestyawati dari program studi Agribisnis Fakultas Pertanian mensosialisasikan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC).

Desi melakukan sosialisasi pembuatan POC bertujuan untuk memanfaatkan serabut kelapa yang tidak digunakan serta mendorong petani untuk pemakaian pupuk organik.

Sosialisasi pembuatan POC  diselenggarakan pada 15 September 2021. Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu petani. Sosialisasi POC dimulai dari persiapan alat dan bahan. Alat terdiri dari ember bekas cat 20 liter beserta tutupnya, plastik. Bahan yang digunakan ialah air, EM4 Pertanian, serabut kelapa. 

Cara pembuatan Pupuk organik cair ini cukup mudah yaitu pertama serabut kelapa dicacah dan dimasukkan ke dalam ember cat tersebut, kedua menambahkan air setengah dari serabut kelapa dan sisihkan air sedikit, ketiga masukkan empat tutup botol EM4 ke dalam air yang disisihkan dan masukkan ke dalam ember cat, keempat diaduk hingga tercampur secara merata dan tutuplah hingga rapat. Pupuk organik cair ini akan siap digunakan dalam 14 hari. 

Sosialisasi berlangsung cukup interaktif, para peserta aktif bertanya seputar manfaat maupun kandungan pupuk organik cair yang akan dibuat. Mahasiswa juga sudah memberikan petunjuk pembuatan, penggunaan serta cara pemakaian. Sehingga memudahkan jika petani ingin mempraktikannya sendiri.

Desi Lestyawati mengharapkan, sosialisasi yang diberikan kepada ibu-ibu petani dapat mendorong mereka dalam memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk kegiatan pertanian.

“Untuk petani, khususnya  mahasiswa KKN asal Dukuh Ngampas ini, dapat meningkatkan kesadaran dalam memanfaatkan dan memerhatikan potensi yang ada di sekitar,” kata mahasiswa Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Univet Bantara ini. (Sofyan)

 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top