Mahasiswa KKN Univet Sosialisasi Hidroponik Meningkatkan Ketahanan Ekonomi

Print Friendly and PDF

KKN Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Vetaran Bangun Nusantara  Sukoharjo (UNIVET) melaksanakan sosialisasi tentang hidroponik.


Mahasiswa KKN Univet Sosialisasi Hidroponik Meningkatkan Ketahanan Ekonomi

Wonogiri- majalahlarise.com -Dede Khori Cahyani Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo mengajak warga  Tukluk Rt 03/ Rw 03 Kulurejo, Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri agar memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah untuk ditanami sayur dengan media tanam hidroponik. 

Dalam masa pandemi ini pada sektor pertanian mengalami penurunan akibat adanya Covid-19 sehingga beberapa komoditas sayuran menjadi langka dan harganya pun melonjak tinggi dibeberapa daerah salah satunya yaitu di soloraya.

Melihat hal itu, Dede Khori beserta rekan - rekan KKN Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Vetaran Bangun Nusantara  Sukoharjo (UNIVET) melaksanakan sosialisasi tentang hidroponik di dusun Tukluk Kulurejo, Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. 26 Agustus 2021.

Kegiatan sosialisasi ini di ikuti oleh 37 warga dusun Tukluk yang terdiri dari ibu – ibu PKK dan perangkat desa seperti ketua Rt dan ketua Rw dengan melakukan pembatasan jarak antar tempat duduk dan mematuki protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu, peserta sosialisasi diwajibkan mencuci tangan sebelum memulai kegiatan dan menggunakan masker selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan sosialisasi ini digelar bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan di masa pandemic Covid – 19 saat ini. Dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian warga dan meningkatkan minat generasi muda dalam hal pertanian.

Budidaya tanaman hidroponik ini dapat menjadi solusi menghasilkan panen dengan kualitas dan kuantitas yang lebih baik di lahan yang terbatas serta bebas dari hama. Selain itu, budidaya tanaman hidroponik membutuhkan air dan pupuk yang lebih sedikit sehingga lebih hemat biaya. 

Kegiatan sosialisasi ini mendapat sambutan positif dari warga dusun Tukluk. Warga tampak antusias mengikuti praktek langsung penanaman hidroponik. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah ilmu mengenai pertanian serta dapat memaksimalkan hasil pertanian. Penggunaan bahan kimia pun dapat diminimalisir dengan metode hidroponik. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top