Mahasiswa KKN Univet Olah Jambu Monyet Jadi Kripik

Print Friendly and PDF

Siti Munawaroh membawa produk kripik jambu monyet.

Mahasiswa KKN Univet Olah Jambu Monyet Jadi Kripik

Wonogiri- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Veteran Bangun Nusantara, Siti Munawaroh mengolah buah jambu monyet menjadi krupuk di Desa Semin Rt.01 Rw.01, Kelurahan Semin, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Kamis (23/9/2021).

Seperti yang kita ketahui Wonogiri dikenal sebagai kota gaplek selain itu Wonogiri juga terkenal jambu monyetnya. Tetapi banyak yang belum tahu bahwa jambu monyet selain bisa dijadikan kacang mete ternyata buahnya bisa dijadikan kripik untuk camilan yang bisa dikonsumsi semua kalangan dan bisa juga untuk ide bisnis. 

Produk kripik jambu monyet.


Potensi desa itulah yang membuat Siti melakukan observasi dan eksperimen terhadap jambu monyet. Mahasiswa tersebut memanfaatkan daging jambu monyet menjadi kripik yang memiliki daya jual. Siti membuat kripik jambu monyet dengan berbagai rasa seperti balado, pedas manis, dan keju agar lebih menarik. Cara pengolahannya pun cukup mudah yaitu:

Siapkan daging jambu monyet dan siapkan bumbu dapur seperti bawang putih, daun jeruk, miri, tepung beras, tepung tapioka, garam dan penyedap rasa.

Daging jambu monyet yang sudah disiapkan direbus di air mendidih selama perebusan jangan terlalu matang agar daging jambu monyet agar tidak hancur.

Setelah setengah matang daging jambu monyet ditiriskan dan di suwir suwir.

Selanjutnya tumbuk bumbu yang sudah disiapkan tadi dan iris tipis tipis daun jeruknya.

Setelah bumbu telah halus campur dengan tepung beras dan tepung tapioka setelah merata tambahkan daun jeruk.

Setelah itu goreng daging jambu monyet dengan tepung sampai matang

Setelah matang tiriskan dan campur dengan bumbu balado. Kripik jambu monyet siap disajikan

Selain itu, Siti juga membuat nama produk dan kemasannya agar lebih menarik. Mahasiswa tersebut memberikan nama pada produknya ‘Kijamet’ singkatan dari kripik jambu monyet. 

Siti mengaku senang dengan pembuatan kripik jambu monyet karena bisa menambah pengalaman dan dapat dibagikan dengan masyarakat sekitar.

Adapun manfaat daging jambu monyet yaitu mengandung vitamin c yang lima kali lebih baik daripada jeruk, kaya kalsium dan baik bagi kesehatan jantung. 

Melalui kegiatan ini mahasiswa KKN Siti berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan daging jambu monyet untuk usaha UMKM dan mengurangi limbah daging jambu monyet. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top