Mahasiswa KKN Univet Manfaatkan Polybag Untuk Budidaya Empon-Empon

Print Friendly and PDF

Menanam empon-empon di polybag.


Mahasiswa KKN Univet Manfaatkan Polybag Untuk Budidaya Empon-Empon

Sragen- majalahlarise.com -Pandemi Covid-19 telah berdampak pada ketidakstabilan perekonomian suatu kota maupun pedesaan. Keadaan tersebut mengharuskan suatu wilayah untuk memiliki kemampuan untuk bertahan dalam menghadapi gangguan atau disebut dengan ketahanan wilayah, khususnya ketahanan desa. Ada berbagai unsur dalam melihat ketahanan desa, salah satu unsur tersebut adalah ketahanan pangan.

Melihat tantangan tersebut, mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo, Miftahurrohmah mencanangkan kegiatan penanaman empon-empon dan sayuran di Dusun Taraman Rt 13 Rw 04 Taraman Sidoharjo Sragen. Jumat, 24 September 2021.

"Memanfaatkan polybag, pot atau wadah bekas lainnya, bisa digunakan untuk menanam beragam sayur hingga empon-empon. Termasuk dengan alat seadanya. Di masa pandemi seperti ini penanaman empon-empon dan sayuran sangat bermanfaat untuk warga sekitar sebagai obat tradisional seperti jahe, kunyit dan serai dan juga untuk kebutuhan masak sehari-hari," ujar Miftahurrohmah.

Meski tidak memiliki lahan tanah yang luas mahasisa KKN Univet memanfaatkan polybag kemudian diisi media tanam menggunakan campuran kompos daun dan tanah. 

Penanaman di lahan sempit bisa diberdayakan di semua wilayah. Dengan konsep ini, Mahasiswa KKN Univet berharap kebutuhan dapur bisa dipenuhi secara mandiri. Otomatis, hal itu mengurangi aktivitas belanja ke luar rumah. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top