Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo Lakukan Pemantauan Jentik Nyamuk Dan Pembagian Bubuk Abate

Print Friendly and PDF

Qomariah Indhun Kumalasari membagikan bubuk abate.

Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo Lakukan Pemantauan Jentik Nyamuk Dan Pembagian Bubuk Abate

Pacitan- majalahlarise.com -Qomariah Indhun Kumalasari Mahasiswa KKN  Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (Univet Bantara) melakukan pemantauan jentik nyamuk serta pembagian bubuk abate pada warga RT 02 RW 13 Dusun Katosan, Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Senin (27/9/2021).

Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat dengan dosen pembimbing lapangan ibu Syefira Ayudia Johar, STT., M.K.M. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menurunkan populasi nyamuk penular demam berdarah dengue Aedes aegypti beserta jentiknya. Pembagian bubuk abate digunakan untuk mencegah berkembangbiaknya nyamuk dalam genangan air sehingga dapat mencegah demam berdarah.

"Saya megadakan kegiatan ini karena mengingat di daerah saya saat ini sudah mulai turun hujan sehingga banyak sekali nyamuk sehingga perlu adanya pemantauan dan mencegah perkembangbiakan jentik nyamuk dengan cepat," ujar Qomariah.

Lebih lanjut dikatakan, Program ini selain bertujuan untuk pemantauan dan mencegah perkembangbiakan jentik juga untuk meningkatkan peran serta warga dalam pemberantasan sarang nyamuk ( PSN ) dengan cara 3M plus yaitu menguras, menutup, memanfaatkan kembali barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk, dan Plus nya yaitu menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, Menggunakan kelambu saat tidur, da lain-lain.

"Kegiatan ini dilakukan secara door to door ke rumah warga dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan seperti memakai masker dan menjaga jarak," terangnya. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top