Mahasiswa KKN UNIVET BANTARA Bantu Pelayanan Kegiatan Posyandu di Desa Gabahan

Print Friendly and PDF



Mahasiswa KKN UNIVET BANTARA Bantu Pelayanan Kegiatan Posyandu di Desa Gabahan

Sukoharjo- majalahlarise.com -Posyandu adalah Pos Pelayanan Terpadu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, Posyandu ialah kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. Posyandu adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas.

Di Desa Gabahan Kelurahan Sonorejo Kabupaten Sukoharjo pelaksanaan posyandu dilaksanakan sebulan sekali. Namun adanya covid-19 yang sempat meningkat hanya pembagian makanan tambahan (PMT) saja oleh kader posyandu secara door to door tetapi adanya penurunan level PPKM sekarang posyandu sudah berjalan sebagaimana biasanya dengan erat harus menerapkan protokol kesehatan.

Pelaksanaan posyandu bulan ini, turut serta mahasiswa dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang sedang melaksanakan KKN yakni Ridhotul Choiroh mahasiswa Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Tujuan dilaksanakan posyandu untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Bayi (AKB), menghindari gizi buruk balita, dan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mngembangkan kegiatan kesehatan sesuai kebutuhan.

Perangkat posyandu terdiri dari Bidan Desa dan Kader posyandu. Kegiatan posyandu ini meliputi penimbangan balita, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala, pemberian vit A, obat cacing serta pemberian makanan tambahan (PMT) karena prodi rekam medis salah satu kegiatannya adalah pencatatan maka saya tidak lupa mencatat data balita tersebut di buku KIA masing-masing balita untuk di analisis tiap bulannya apakah ada perkembangan atau tidak jika tidak akan ada tindak lanjut dari bidan desa. 

"Kegiatan posyandu ini sangat mematuhi potokol kesehatan untuk balita yang bertempat tinggal di RT 1 dimulai pukul 08.00 wib dan balita RT 2 dimulai pukul 10.00 wib agar tidak terjadi kerumunan serta harus memakai masker dan sebelum masuk di sediakan tempat cuci tangan, dan pengecekan suhu tubuh," ungkap Ridhotul. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top