KKN Univet 2021, Pasang dan Bagikan Poster Pencegahan Covid-19

Print Friendly and PDF




KKN Univet 2021, Pasang dan Bagikan Poster Pencegahan Covid-19

Klaten- majalahlarise.com -Situasi pandemi Covid-19 telah mengubah beberapa sisi kehidupan kita. Mulai dari lebih giat menjaga kesehatan dan kebersihan diri, menjaga jarak, sampai berkegiatan di luar rumah dengan segala keterbatasan yang ada. Pandemi ini juga membuat kita lebih peduli dengan protokol kesehatan ketika keluar rumah di masa pandemi.

Salah satu program kerja Mahasiswa KKN Univet Bantara yang dilakukan adalah mengedukasi masyarakat terkait pencegahan Covid-19 melalui poster yang dipasang dan dibagikan ke masyarakat. Poster ini merupakan salah satu cara untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Meskipun KKN dilakukan secara daring, KKN tetap memberikan berbagai program bermanfaat bagi masyarakat.

Mahasiswa KKN, Nisa Alfiyuna menempelkan poster ke beberapa tempat di lingkungan pesantren Al-Ittiba’pada Rabu (22/9/2021). Dengan adanya poster pencegahan Covid-19 ini, diharapkan seluruh warga pesantren memperoleh edukasi yang sama terkait langkah pencegahan Covid-19 dan selalu menaati protokol kesehatan yang diberikan.

Kementrian Agama (Kemenag) menyampaikan protokol kesehatan bagi pesantren pada masa pandemi virus covid-19. Protokol itu meliputi: Menggunakan masker. Menjaga jarak. Membersihkan ruangan dan lingkungan secara berkala dengan desinfektan. Penerapan etika batuk atau bersin yang benar harus dijadikan budaya. Santri menggunakan peralatan ibadah pribadi yang dicuci secara rutin. Sangat dihimbau untuk menghindari penggunaan peralatan mandi dan handuk secara bergantian. Melakukan aktifitas fisik. Seperti senam setiap pagi, kerja bakti, dan olahraga. Perlunya menyediakan ruang isolasi yang berada terpisah dengan kegiatan pembelajaran atau kegiatan lainnya. Mengonsumsi makanan yang sehat, aman, dan bergizi seimbang. Disajikan oleh juru masak dan penyaji makanan dengan menggunakan sarung tangan dan masker. Menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir, pembersih tangan atau hand sanitizer. Bagi yang tidak sehat atau memiliki riwayat berkunjung ke negara atau daerah terjangkit dalam 14 hari terakhir, segera melaporkan diri ke pengelola pesantren dan pendidikan keagamaan. Pemeriksaan kondisi kesehatan secara berkala warga pesantren.

Kegiatan tersebut  mendapat respon positif dari warga pesantren. Walaupun kondisi seperti ini, warga pesantren tetap bisa mendapatkan kegiatan bermanfaat dari Mahasiswa KKN Univet Bantara. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top