KKN Univet 2021, Inovasi Produk dan Pemasaran Online

Print Friendly and PDF



KKN Univet 2021, Inovasi Produk dan Pemasaran Online

Sukoharjo- majalahlarise.com -Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir yang sangat berdampak pada seluruh kegiatan perekonomian khususnya pada unit usaha mikro, Mahasiswa dituntut untuk mencari solusi atas permasalahan yang dialami UMKM agar dapat bangkit dan bertahan dalam menjalankan usahanya.

Seperti yang dilakukan oleh Mahasiwa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara yang dibimbing Andiyas Miawan, S.E., M.M. Pogam kuliah kerja nyata berlangsung di Jombor, Bendosari, Sukoharjo dan melibatkan pemilik UMKM Madu. UMKM dengan melakukan inovasi produk dan pemasaran online. Kegiatan KKN ini selain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, juga diharapakan memberikan efek jangka panjang terhadap perkembangan usaha UMKM di Kelurahan sekitar.

“Memang pada masa pandemi ini banyak sekali UMKM yang terdampak, kami berharap semoga dengan hadirnya adik-adik mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara ini dapat membantu para pelaku UMKM untuk bangkit dan terus berjuang,” ucap  Widodo Kepala RT.

Adanya program KKN ini bukan hanya dapat membantu satu atau dua hari saja. Namun memiliki target dengan melihat aspek keberlanjutan. Sehingga dikemudian hari para pelaku UMKM ini bisa belajar untuk kemudian bisa menerapkan informasi serta pembelajaran yang sudah mereka sampaikan melalui program Pemberdayaan UMKM ini.

"Beberapa hal yang saya lakukan, seperti pembuatan inovasi produk, logo produk, membuat packaging yang lebih menarik, langkah pendistribusian melalui media modern, serta pemanfaatan media digital sebagai sarana pemasaran," terang Klusy Ursula mahasiswa KKN kepada majalahlarise.com.

Pada salah satu kegiatannya, mereka melakukan pemberdayaan UMKM kepada pemilik usaha Madu yaitu Bapak Reza. Madu  dijual dalam kemasan yang masih sederhana dan juga belum memiliki logo produk. Di situasi pandemi seperti ini menyebabkan penjualan dan omset menurun drastis. Melihat permasalahan yang dialami saya membuatkan inovasi produk guna menciptakan varian baru yang sudah ada agar lebih menarik minat konsumen. 

Maka dari itu mereka secara bertahap melaksanakan program bimbingan kepada sasaran, mulai dari bimbingan pembuatan logo, pengoperasian media sosial dan pembuatan foto produk untuk pemasaran.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan pemahaman masyarakat sasaran akan pentingnya pemasaran online khususnya dimasa pandemi seperti saat ini. 

Program kerja yang dilakukan Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusanta secara tatap muka, meski begitu dalam menjalankan kegiatannya tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Diharapkan dengan dilakukannya program KKN ini, Mahasiswa dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap masyarakat. (Sofyan)


Baca juga: Co Founder Komunikotavisual Berbagi Kiat Branding Bagi Calon Wisudawan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top