KKN Univet 2021, Edukasi Anak-Anak Cuci Tangan dengan Benar

Print Friendly and PDF

Anik Kurniawati Fatqul Karimah memberi edukasi mencuci tangan secara benar.


KKN Univet 2021, Edukasi Anak-Anak Cuci Tangan dengan Benar

Sukoharjo- majalahlarise.com -Anik Kurniawati Fatqul Karimah, mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (UNIVET) Fakultas Kesehatan Masyarakat melaksanakan program kerja KKN MANDIRI-T 2021 dengan TEMA "PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENGEMBANGAN POTENSI DESA DI SAAT PANDEMI". Dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Drs. Budhi Rahardjo, S.H., M.Si yg di laksanakan di Desa Joho Rt 01 Rw 04 Sukoharjo. 

Pandemi virus corona (Covid 19) saat ini telah melanda berbagai negara di belahan dunia. Upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai upaya pencegahan, salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun atau yang sering kita dengar dengan istilah CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).

Mencuci tangan pakai sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun (CTPS) dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. 

Hal ini dilakukan karena tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas).

Menurut WHO, mencuci tangan agar bersih menghabiskan waktu sekitar 20-30 detik. Ikuti 7 langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO untuk mencegah infeksi virus, kuman, dan bakteri.

1. Basahi tangan dan tuangkan atau oleskan produk sabun di telapan tangan. 

2. Tangkupkan kedua telapak tangan dan gosokkan produk sabun yang telah dituangkan. 

3. Letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk sebaliknya. 

4. Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait. 

5. Tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari.

6. Gosok ibu jari kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya. 

7. Gosokkan jari-jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri dan sebaliknya. 

8. Bilas dan keringkan. Setelah kering, tangan Anda sudah aman dari bakteri dan kotoran.

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa KKN UNIVET sebagai bentuk program kuliah kerja nyata yaitu mengedukasi dan mempraktekkan kepada anak-anak cara cuci tangan pakai sabun dengan benar yang dilakukan di desa Joho Rt 01 Rw 04 Sukoharjo. 

"Dalam kegiatan tersebut anak-anak sangat antusias mau mengikuti cara cuci tangan pakai sabun dengan benar," terang Anik Kurniawati kepada majalahlarise.com. (Sofyan)

  

                               


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top