KKN Univet 2021, Bersih Makam di Dusun

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Univet ikut bersih makam di dusun.

KKN Univet 2021, Bersih Makam di Dusun 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Tradisi ziarah kubur sudah menjadi bagian dari kehidupan bagi masyarakat muslim Indonesia. Bukan hanya makam para wali dan orang saleh, makam di Desa Banmati Rt02/09 pun rajin diziarahi, bahkan ini yang paling sering, utamanya pada hari Kamis dan Jum’at.

Selain melakukan ritual ziarah, para peziarah biasanya juga membersihkan makam dengan mencabuti rumpu dan memunguti dedaunan. 

Dalam rangka melestarikan budaya ziarah supaya nyaman, mahasiswa KKN Univet gelar kegiatan bersih-bersih makam sebagai program kerja mingguan yang dilaksanakan setiap hari kamis pagi sampai kegiatan selesai. Selain itu mahasiswa KKN Univet juga mempunyai program untuk mengecet tembok makam yang sudah tua agar terlihat lebih terawat dan bersih.

Mahasiswa KKN Univet, Gusti Aji Santoso yang berdomisili di desa Banmati melakukan bersih makam di dusun-dusun, kegiatan ini disambut baik oleh warga sehingga menggugah minat warga untuk ikut serta membersihkan makam.

“Kami berterimakasih kepada mas KKN yang mau ikut serta membersihkan makam didusun kami apalagi mengecet ulang tembok depan makam, saya sangat apresiasi kegiatan ini” ucap pak Sarono sebagai ketua RT yang ikut bersih-bersih serta hendak berziarah, Kamis (2/9/2021)

Dalam menjalankan program kerjanya mahasiswa KKN Univet desa Banmati sangat peduli terhadap lingkungan hal tersebut ditengarahi terwujudnya komunikasi baik antar pemuda dan warga desa yang puas dengan beberapa program kerja yang terealisasi, sehingga dalam menjalankan program kerjanya masyarakat serentak ikut mendukung.

“Kegiatan bersih makam ini sangat baik, kegiatan ini semoga tetap berkelanjutan walaupun mahasiswa KKN sudah tidak berada didesa ini lagi” ungkap Joko Kendil salah satu pemuda desa Banmati.

Kegiatan bersih dan mengecet makam ini selesai siang hari kemudian melanjutkan makan bersama di salah satu rumah warga tersebut. Disini dapat dilihat gotong royong yang terjalin di Desa Banmati sangat erat. Kegiatan ini akan tetap dilaksanakan sampai dengan KKN selesai. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top