HMP Prodi Rekam Medis Univet, Selenggarakan Seminar Nasional “Digitalisasi Pelayanan Kesehatan, serta Efektifitas Telemedicine dan Mobile Health untuk Mengurangi Transmisi Covid-19”

Print Friendly and PDF

Tangkapan layar Seminar Nasional “Digitalisasi Pelayanan Kesehatan, serta Efektifitas Telemedicine dan Mobile Health untuk Mengurangi Transmisi Covid-19” diselenggarakan HMP Prodi Rekam Medis Univet secara daring.

HMP Prodi Rekam Medis Univet, Selenggarakan Seminar Nasional “Digitalisasi Pelayanan Kesehatan, serta Efektifitas Telemedicine dan Mobile Health untuk Mengurangi Transmisi Covid-19”

Sukoharjo- majalahlarise.com -Himpunan Mahasiswa Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Univet Bantara Sukoharjo menyelenggarakan seminar online dengan tema “Digitalisasi Pelayanan Kesehatan” dengan mengundang pembicara I Surahyo Sumarsono, B.,Eng.,M.,Eng, Sc dan pembicara II  Tedy Hidayat S.ST. MIK.,M.MRS. Seminar ini dilaksanakan menggunakan Zoom Meeting dan berlangsung pada hari Sabtu, 4 September 2021. 

Seminar ini bertujuan untuk Meningkatkan kesiapan mahasiswa PMIK untuk bersaing di era pandemi dalam peningkatan Efektifitas telemedicine dan mobile health untuk mengurangi transmisi Covid-19. Agenda dalam seminae online ini yaitu meliputi sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup.

Seminar ini dimulai pada pukul 08.00 WIB yang sebelumnya terlebih dahulu diawali dengan pembacaan susunan acara oleh MC. Seminar ini dibuka oleh Titik Haryani, S.KM.,M.PH selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Selanjutnya MC memperkenalkan moderator yang akan memandu jalannya seminar. Moderator membacakan CV dari pemateri I dan II. Sebelum penyampaian materi oleh kedua pemateri, moderator memaparkan terlebih dahulu tata tertib yang perlu dipatuhi selama berlangsungnya pemaparan materi. 

Memasuki pukul 08.30 WIB, moderator memperkenalkan CV pemateri Bapak Surahyo Sumarsono B.Eng.,M.Eng.,Sc untuk mulai melakukan penyampaian materi terkait “Efektifitas Telemedicine Dan Mobile Health Untuk Mengurangi Transmisi Covid-19”. Materi yang disampaikan yaitu sesuai dengan tema, bahwa telemedicine merupakan media penghubung layanan kesehatan yang dipisahkan jarak baik antar fasyankes maupun fasyankes ke masyarakat, dimana rekam medis merupakan komponen yang sangat penting didalam sistem informasi fasyankes yang harus dilindungi dengan regulasi dan sistem keamanan yang tepat. 

Memasuki pukul 09.30 WIB, moderator memperkenalkan CV pemateri Tedy Hidayat S.ST.MIK.,M.MRS untuk mulai melakukan penyampaian materi terkait “Peran PMIK Dalam Digitalisasi Pelayanan Kesehatan”. Peran PMIK di Era Industri 4.0 memiliki tantangan berupa keamanan, permodalan, ketenagakerjaan, dan privasi. 

"Pada Era Industri 4.0 peluang dalam peran PMIK adalah informasi yang realtime, integrase, transaparansi dan peningkatan visibilitas. Dalam digitalisasi pelayanan kesehatan berkolaborasi dengan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsep penerapanya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan tenaga kerja manusia dalam proses pengaplikasiannya," papar Tedy Hidayat. 

Acara seminar berlangsung tertib dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab oleh kedua pembicara dan foto bersama. Diakhir acara ada penyampaian informasi terkait pengumuman doorprize untuk 5 peserta penanya terbaik dan 5 peserta yang pertama join seminar. Cukup banyak Peserta yang telah mengikuti seminar online ini, baik dari Paraktisi, Akademisi dan Mahasiswa Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. (Sofyan)


Baca juga: Semarak Gebyar Muharram BAYD Salimah Sukoharjo



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top