Chantika Putri Ardani, Siswa SMKN 1 Pracimantoro Raih Juara 2 Lomba Poster Tingkat Nasional

Print Friendly and PDF

Tampilan layar pengumuman pemenang lomba poster Kemendikbudristek RI.

Chantika Putri Ardani, Siswa SMKN 1 Pracimantoro Raih Juara 2 Lomba Poster Tingkat Nasional

Wonogiri- majalahlarise.com -Chantika Putri Ardani, siswa SMK Negeri 1 Pracimantoro, dinobatkan sebagai juara 2 lomba Poster Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMK TA 2021/ 2022 bertema "Mimpi dan Rencana Hidupku 5-10 Tahun ke Depan" yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Republik Indonesia  yang diikuti siswa baru SMK se-Indonesia.

Anak dari pasangan Misni Setyawati dan Danar Dwi Yulianto merasa tidak percaya ketika pertama kali memperoleh informasi dirinya menang juara 2 lomba poster tingkat Nasional. Setelah banyak ucapan selamat dari guru dan temannya dirinya baru percaya dan tidak menyangka bisa menang lomba.


“Perasaan saya pastinya senang tidak menyangka bisa menang lomba. Awalnya iseng aja ikut lomba yang sebenarnya tidak begitu paham tentang poster. Tapi saya senang lihat gambar poster yang lucu-lucu. Sekolah mewajibkan ikut lomba lalu saya lihat tema langsung terinspirasi pingin punya usaha bisa membantu bisnis orang tua dan mengurangi pengangguran,” terangnya.

Gadis yang saat ini tinggal di  Duwet Jerukwudel Girisubo Gunungkidul Yogyakarta mengaku setelah mengirimkan karya poster tidak punya pemikiran soal lomba apalagi berpikir untuk menang. “Saya dapat kabar kalau menang awalnya saya anggap itu kabar yang tidak benar. Akhirnya banyak pesan masuk whatsapp mengucapkan selamat dapat juara dari guru dan teman-teman. Tidak nyangka dapat juara,” katanya.

Guru pembimbing lomba, Sika Agusta Fermi S saat ditemui ditempat kerjanya, Kamis (9/9/2021) mengatakan lomba yang diselenggarakan Kemendikbudristek ini pada saat MPLS  untuk membuat poster, vlog dan tik tok yang diikuti oleh semua siswa kelas 10 bebas memilih ikut lomba poster, vlog maupun tik tok.

Poster karya Chantika Putri Ardani.

Baca juga: KKN Univet 2021, Sosialisasi Edukasi Sukseskan Vaksinasi dan Jogo Tonggo

“Hasil karya siswa berupa poster, vlog dan tik tok di upload di tag ke akun Kemendikbudristek kemudian setelah dua bulang diumumkan pemenangnya. Siswa kelas 10 Akuntansi atas nama Chantika Putri menang juara 2 lomba poster yang berisi tentang rancananya lima sampai sepuluh tahun mendatang,” ujarnya.

Wanita yang akrab disapa bu Sika ini menyampaikan Chantika merupakan siswa yang tergabung dalam tim jurnalistik digital sekolah dari divisi desain grafis yang pembimbingan dilakukan secara daring atau online.

“Kami membimbing dan memberi masukan membuat poster menggunakan aplikasi ini, memilihan warna yang pas sedangkan untuk kreatif dari anak sendiri. Kami arahkan menggunakan aplikasi canva yang mudah,” katanya.

Disinggung menganai tindak lanjut setelah memperoleh kejuaraan ini, bu Sika menuturkan sekolah sudah terbentuk tim digital jurnalism untuk kelas 10 dan kelas 11. Ketika nanti sudah diperbolehkan pembelajaran tatap muka siswa diikutkan pelatihan penulisan jurnalistik digital.

“Ruangan khusus jurnalistik digital sudah kita sediakan seperti ruang audio visual untuk kegiatan podcast, membuat konten youtube bisa juga menampilkan potensi menyanyi maupun musik. Kami memfasilitasi siswa mengembangkan potensinya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Pracimantoro, Putra Jaya menyampaikan SMK Negeri 1 Pracimantoro berusaha untuk selalu mengikuti semua lomba yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk memberikan motivasi kepada guru dan siswa selalu berubah, berjuang, selalu bermotivasi dan berkreasi sehingga di masa pandemi saat ini tidak diam saja. Jika kegiatan dilakukan dengan serius maka hasilya pasti yang terbaik.

“Alhamdulillah atas kerja keras dari bapak ibu guru dan siswa menghasilkan juara 2 lomba poster tingkat nasional dalam rangka MPLS untuk siswa baru tahun pelajaran 2021/ 2022,” ujarnya. (Sofyan)


Baca juga: Litbang SD Muh PK Kottabarat Gelar Bedah Buku


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top