Yenika Sari Beri Pelatihan Penjualan Online dan Pembukuan UMKM dengan Smartphone

Print Friendly and PDF

Yenika Sari Beri Pelatihan Penjualan Online dan Pembukuan UMKM dengan Smartphone.



Pacitan- majalahlarise.com - Yenika Sari salah satu mahasiswa KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) "MBKM Wujudkan Desa Bangkit” Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta dengan DPL Andri Astuti Itasari S.Sos, M.I.Kom memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM pengrajin gula merah untuk bagaimana memaksimalkan media sosial dalam pengembangan bisnis. Bertempat di Balai Desa Kalak Rt 005/ Rw001 Dusun Krajan Wetan, Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Pacitan Jawa Timur. Selasa, 17 Agustus 2021.

Yenika Sari, dalam penjelasannya tidak hanya memberikan teori saja tetapi juga memberikan contoh secara langsung sehingga dengan mudah memahami apa itu digital marketing. Serta memberikan sosialisasi pelatihan terkait ”Mudahnya pembukuan digital dengan menggunakan aplikasi kepada pelaku UMKM pengrajin gula merah sebagai sarana dalam melakukan pembukuan sederhana yang mudah dan praktis”.

Pelaksanaan pelatihan yaitu Gladi bersih dari pukul 13.00 WIB. Acara dimulai dari pukul 14.00 - 16.00 WIB.
Dengan rundwon acara, perkenalan :
pukul 14.00 - 14.15. WIB. Materi 1 pukul 14.15 – 15.00 WIB. Materi 2 pukul 15.00 – 15.45 WIB Sesi Tanya Jawab dan Dorprize pukul 15.45 – 16.00 WIB.

Pelatihan terkait memanfaatkan platform penjualan di Shopee yaitu Cara menginstal dan registrasi Shopee. Cara memposting produk yang akan dijual di “Toko Saya” Shopee.  Cara memproses, mengirimkan pesanan, dan jasa kirim di Shopee.

Pelatihan terkait memanfaatkan platform pemasaran di Instagram yaitu cara instal dan registrasi akun Instagram. Cara memposting foto produk dan pengenalan fitur-fitur Instagram lainnya.

Pelatihan terkait memanfaatkan platform WhatsApp Business yaitu cara instal dan registrasi WhatsApp Business. Cara mengubah profil bisnis, seperti alamat, kategori bisnis, jam buka, dan alamat web. Cara membuat gretting Message dimana fitur ini akan terkirim secara otomatis ke pelanggan yang menghubungi setelah 14 hari tanpa komunikasi. Cara menghapus akun WhatsApp Business apabila ada alasan tertentu.

"Saya juga menyampaikan materi tentang pengertian digital marketing. Manfaat digital marketing. Tujuan digital marketing. Arti penting logo produk usaha. Arti penting label produk (merk), terangnya kepada majalahlarise.com.

Pelatihan terkait memanfaatkan pembukuan digital dengan aplikasi BukuKas yaitu cara menginstal aplikasi BukuKas, aplikasi akuntansi (catatan keuangan) untuk UMKM. Cara mencatat transaksi penjualan atau pemasukan di aplikasi Bukukas. Cara mengubah dan menghapus catatan transaksi penjualan. Cara mencatat modal penjualan. Cara mencatat transaksi pengeluaran. Cara melihat catatan transaksi lama. Cara menambah, mengubah, dan menghapus kategori transaksi pengeluaran. Cara melihat grafik analisis transaksi penjualan, pengeluaran dan keuntungan. Cara mengunduh (download) dan membagikan laporan transaksi penjualan (laba-rugi) dan masih banyak fitur-fitur lainnya.

Kegiatan pelatihan ini mendapatkan respon positif dari ibu-ibu pengrajin gula kelapa ekstrak kulit manggis. Mereka dapat mengetahui cara mempergunakan platform penjualan online dan melakukan pembukuan UMKM dengan smartphone tanpa menggunakan buku lagi. (Sofyan)


Baca juga: Pembuatan Kripik Singkong Aneka Rasa Jadi Produk Unggulan Desa


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top