Tanamkan Rasa Nasionalisme Anak Desa di Puncak Bukit

Print Friendly and PDF

Vera Dwiyanti mengajak anak-anak di desa tanamka rasa nasionalisme dan meningkatkan kepedulian dengan lingkungan masyarakat.

Tanamkan Rasa Nasionalisme Anak Desa di Puncak Bukit

Wonogiri- majalahlarise.com -Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) “WUJUDKAN DESA BANGKIT “ dari Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) Solo mengajak anak-anak di desa tanamka rasa nasionalisme dan meningkatkan kepedulian dengan lingkungan masyarakat, khususnya untuk anak-anak sekolah dasar.

Kegiatan dilakukan oleh salah satu tim KKN MBKM Vera Dwiyanti dari kelompok 13 dengan DPL Dr. Sri Handayani.S.Pd.M.Hum . Kegiatan dilakukan Minggu, 8 Agustus 2021 yang berlokasi di desa Semin, Nguntoronadi, Wonogiri.

Menurut Vera, penanaman jiwa nasionalisme pada anak anak sangat penting sekali ditengah maraknya keberagaman dan percampuran budaya asing. Dengan adanya penanaman sikap nasionalis berupa pengibaran bendera di atas bukit desa Semin yang bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-76. 

"Diharapkan anak anak merasa bangga dan mencintai negara indonesia dengan keberagaman yang ada," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, mengingat banyak sekali jiwa nasionalisme anak anak yang mulai memudar karena beberapa faktor, salah satunya adalah ketergantungan game online (gadget) yang sekarang semakin booming dikalangan anak anak maupun dewasa.

"Kegiatan dilakukan di salah satu bukit di desa Semin yang bisa dibilang bukit tertinggi dari sekian bukit di desa Semin. Kegiatan itu juga diselingi dengan penyampaian edukasi kepada anak-anak akan makna hari kemerdekaan yang bukan hanya simbol negara kita merdeka tetapi juga sebagai awal semangat baru untuk mengubah negara tercinta menjadi negara yang unggul," terangnya.

Sebenarnya banyak cara untuk menanamkan sikap nasionalisme kepada anak anak,salah satunya dengan mengenalkan keberagaman budaya Indonesia seperti makanan khas daerah, permainan tradisional dan masih banyak lagi. (Sofyan)


Baca juga: Survey UMKM dan Produksi Usaha Blondo dan Minyak Klentik di Dusun Crabak

 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top