Sosialisasi Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Masyarakat Desa

Print Friendly and PDF

Toni Ibrahim dari kelompok 6 saat melaksanakan sosialisasi menumbuhkan jiwa wirausaha masyarakat desa.

Sosialisasi Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Masyarakat Desa 

Karanganyar- majalahlarise.com -KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik)  Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Tahun 2021 mengusung tema "Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Wujudkan Desa Bangkit" diselenggarakan mulai tanggal 26 Juli 2021 hingga 31 Agustus 2021. 

Salah satu mahasiswa peserta KKNT MBKM, Toni Ibrahim dari kelompok 6 dari program studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Adcharina Pratiwi, M.Si.  Pada hari Selasa, 17 Agustus 2021 melaksanakan kegiatan sosialisasi pentingnya menumbuhkan jiwa wirausaha pada masyarakat di desa Banaran RT 02/ RW 01, Kelurahan Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua RT 02/ RW 01, Mas Heru selaku ketua Karangtaruna, pemuda-pemudi karangtaruna, serta beberapa warga setempat  di desa Banaran, Gondosuli, Tawangmangu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku yaitu 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) guna mencegah penyebaran virus Covid-19. 


Baca juga: Mengembangkan dan Membangkitkan Kembali UMKM “Tahu Bakso” dimasa Pandemi Covid-19

"Maksud dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada masyarakat khususnya pemuda di desa Banaran, Gondosuli. kurangnya kesadaran generasi muda di desa Banaran untuk mulai berwirausaha sejak usia muda menjadi alasan saya melakukan kegiatan sosialisasi ini," ungkap Toni Ibrahim kepada majalahlarise.com.

Lebih lanjut disampaikan dalam kegiatan ini pihaknya menjelaskan apa itu wirausaha, bagaimana caranya menjadi wirausaha, kenapa generasi muda harus berwirausaha dan apa saja keuntungan jika berwirausaha sejak usia muda. Akhir dari kegiatan ini memutarkan video tentang pengusaha yang sukses di usia muda kepada masyarakat yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi mereka agar mulai berwirausaha sejak muda. 

"Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk menambah pengetahuan  masyarakat di desa Banaran, RT 02/ RW 01 tentang kewirausahaan. Dan supaya pemuda/ pemudi di desa Banaran dapat mulai berwirausaha dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada," ujarnya. (Sofyan)


Baca juga: Bersiap Hadapi Asesmen Nasional, SD Muh. Palur Kunjungi SD Muh. PK Kottabarat


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top