Pompa Semangat Belajar Siswa Kelas VI, SD Muh. PK Kottabarat Hadirkan Alumni Berprestasi

Print Friendly and PDF

Tampilan tangkapan layar kegiatan parenting virtual yang digelar melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, 

Pompa Semangat Belajar Siswa Kelas VI, SD Muh. PK Kottabarat Hadirkan Alumni Berprestasi

Solo- majalahlarise.com -Sejumlah 85 siswa kelas VI angkatan ke -17 SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan parenting virtual yang digelar melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, Sabtu (31/7/2021).

Parenting motivasi ini dikemas dengan kegiatan sharing motivasi bersama alumni. Kegiatan yang mengangkat tema “Sukses Belajar dan Memaksimalkan Potensi di Masa Pembelajaran Daring” ini menghadirkan narasumber alumni lulusan terbaik angkatan ke–16, Aisyah Syafira Putri Wibawa (Syasa) bersama Bundanya, Sri Rejeki Pujiati.

Selain mendapatkan rata-rata nilai ujian sekolah tertinggi, Syasa juga menyandang segudang prestasi akademik maupun nonakademik di tingkat nasional.


Baca juga: Tim KKNT Unisri Sosialisasi Pembuatan dan Pelatihan Minuman Bawang Dayak Asli Kalimantan

Kegiatan diawali dengan diskusi dan tanya jawab terkait kebiasaan yang dilakukan Syasa sehingga dapat mengantarkanya menjadi lulusan terbaik angkatan ke-16 SD Muhammadiyah PK Kottabarat.

“Bagun pagi sebelum subuh, mengisi waktu setelah subuh dengan membaca, membantu orang tua menyapu, dan merapikan tempat tidur”, ucap Syasa mengawali pemaparannya. 

Ia mengaku terbiasa membuat jadwal harian sendiri secara tertulis sehingga ia melakukan kegiatan dengan tertib.

Pada sesi selanjutnya, Syasa menceritakan bagaimana ia memahami potensi dirinya, kemudian mengasahnya dengan optimal, sehingga ia kerap menjadi juara lomba di bidang akademik maupun nonakademik. 

Baca juga: APTSIPI Wilayah 6 Jawa Tengah Gelar Webinar "Peluang Kerja Bidang Pertanian"

“Menuliskan target, manajemen waktu, belajar lebih awal, aktif diskusi dengan teman, dan selalu berlatih” ungkap Sasya.

Bunda Syasa, Sri Rejeki Pujiati, mengungkapkan bahwa upaya mengoptimalkan potensi Syasa biasa dilakukan dengan demokratis.

"Sebagai orang tua, saya tidak memaksakan kehendak tetapi lebih kepada mendukung, memfasilitasi, dan memberikan kesempatan Syasa untuk menuliskan targetnya sendiri," ujarnya.

Ia juga memberikan trik 5T supaya sukses dalam belajar, yaitu tepat waktu, tenang, terampil, teliti, dan tekun. 

Koordinator guru kelas VI, Agus Supardi berharap siswa angkatan-17 lebih bersemangat dalam belajar meskipun dilakukan secara daring.

“Melalui kegiatan ini semoga motivasi siswa untuk belajar dan mengoptimalkan potensi diri lebih meningkat, sehingga kelak lulus dengan predikat terbaik dalam bidang akademik maupun nonakademik," pungkasnya. (Sofyan)


Baca juga: 150 Dosen dan Mahasiswa Ikuti Riset Fair Nasional Unisri


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top