Mahasiswa KKNT Unisri Melakukan Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati Dari Daun Pepaya

Print Friendly and PDF

Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati dari Daun Pepaya dengan pembicara Pandu Prayoga.

Mahasiswa KKNT Unisri Melakukan Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati Dari Daun Pepaya

Sragen- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN - T kelompok 37 Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) melaksanakan Sosialisasi dan Penyuluhan Pertanian kepada para petani di Dukuh Mundu, Desa Gedongan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sasaran dari acara ini adalah masyarakat khususnya petani di Dukuh Mundu, yang berjumlah 9 orang. Sabtu (21/8/2021).

Sosialisasi ini  bertajuk "Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati dari Daun Pepaya", dengan pembicara Pandu Prayoga. Program ini bertujuan agar masyarakat punya cara alternatif selain menggunakan pestisida kimia, yang mana pestisida kimia lebih mahal harganya apalagi di masa Pandemi ini. Pestisida kimia juga berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan akibat residu yang ditimbulkannya. Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan tumbuhan yang ada di sekitar untuk dijadikan pestisida yang lebih ramah lingkungan.

Pelatihan ini dimulai dengan penjelasan materi terkait pestisida nabati khususnya yang berbahan dasar daun pepaya. Kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan pestisida nabati dan pembagian sampel pestisida nabati.Tidak lupa, pelatihan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi. 

"Untuk menghadapi berbagai tantangan pemerintah bersama masyarakat harus mampu membuat trobosan-trobosan dengan berbagai alternatif yang dapat memberikan jalan keluar dari permasalahan dengan tidak melupakan kepedulian terhadap lingkungan dan mengutamakan keberpihakan kepada petani. Oleh sebab itu sudah saatnya memasyaratkan pestisida nabati yang ramah lingkungan," ujar Pandu Prayoga untuk mengakhiri sesi diskusi.

Acara sosialisasi ini berjalan dengan lancar, selain itu para peserta yang hadir sangat antusias dan tertarik untuk mencoba menggunakan pestisida nabati. Dengan adanya program ini diharapkan masyarakat khususnya petani bisa memproduksi sendiri pestisida nabati berbahan dasar alami dan dapat menekan biaya modal dalam bertani.

"Diharapkan supaya kegiatan ini bisa mengurangi penggunaan pestisida kimia agar lahan pertanian bisa sehat dan menghasilkan produk yang sehat untuk dikonsumsi," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Mahasiswa KKN-T Unisri Membantu Pemasaran UMKM Mie Ayam Goreng di Turisari 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top