Mahasiswa KKNT MBKM Unisri Melatih Pembukuan Sederhana pada UMKM

Print Friendly and PDF

 

Prihatiningsih Rahayu saat melatih pembukuan sederhana pada salah satu pemilik UMKM.

Mahasiswa KKNT MBKM Unisri Melatih Pembukuan Sederhana pada UMKM

Wonogiri- majalahlarise.com -Pada era saat ini banyak UMKM yang berkembang dalam masyarakat, namun banyak masyarakat yang memiliki UMKM belum menerapkan pembukuan sederhana dalam transaksi sehari-harinya. Alasan yaitu tingkat pendidikan yang rendah, kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam pembukuan serta adanya persepsi pembukuan tidak penting dan merasa bahwa uasahnya masih kecil dan tidak memiliki waktu untuk melakukan pembukuan.

Adanya hal tersebut maka salah satu mahasiswa KKNT Unisri yaitu Prihatiningsih Rahayu dari kelompok 13 dengan DPL Dr. Sri Handayani, S.Pd, M.Hum melakukan pelatihan pembukuan sederhana kepada pemilik UMKM di Dusun Tulakan, Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

"Pelatihan pembukuan sederhana tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pemilik UMKM bahwa pembukuan penting dilakukan untuk keberlangsungan usahanya," terangnya kepada majalahlarise.com.

Ditambahkannya, pelatihan ini membantu para UMKM dalam pencatatan transaksi sehari-harinya supaya mengetahui laba yang didapatkan serta kerugian yang dialaminya.

"Dengan adanya pembukuan juga dapat meminimalisir biaya yang tidak diperlukan sehingga dapat menghemat pengeluaran," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa KKNT Unisri Sosialisasi dan Pembagian Masker Double


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top