Mahasiswa KKN Univet Lakukan Proker Sosialisasi Pentingnya Pencegahan Covid-19

Print Friendly and PDF

 

Riko Pratama sosialisasi pencegahan Covid-19 bersama tokoh masyarakat setempat.

Mahasiswa KKN Univet Lakukan Proker Sosialisasi Pentingnya Pencegahan  Covid-19

Surabaya- majalahlarise.com -Kuliah kerja nyata yang biasa dikenal dengan singkatan KKN merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh berbagai institusi pendidikan, sebagai salah satu implementasi dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. KKN yang diselenggarakan perguruan tinggi biasanya akan menyebarkan mahasiswa ke beberapa desa maupun wilayah yang masih perlu dikembangkan. Namun, berbeda dengan tahun ini, sejak pandemi Covid-19 melanda berbagai negara termasuk Indonesia, program KKN yang bertujuan untuk mengembangkan masyarakat tidak dapat dilaksanakan sebagaimana pelaksanaan ditahun sebelumnya.

Merujuk kepada kebijakan Pemerintah Republik Indonesia, melalui Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang menetapkan pada masa pandemi Covid-19 bahwa kebijakan proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Dalam menyikapi kebijakan tersebut, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, dengan cepat melakukan penyesuaian terutama dalam proses pembelajaran mahasiswa. Hampir semua mata kuliah terutama yang bersifat intra kurikuler diselenggarakan secara daring/virtual/ online dalam proses pembelajarannya, termasuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa.

Berdasarkan hal tersebut, program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo pada tahun 2021 ini dilakukan secara daring. Jenis KKN yang dipilih adalah KKN Tematik Penanggulangan Bencana dengan tema kusus upaya memutus mata rantai penyebaran Pandemi COVID-19 ditengah masyarakat, dikenal juga dengan nama KKN Tematik Penanggulangan Bencana Covid-19 disingkat dengan KKN TPB COVID-19. Program KKN yang dilakukan secara daring ini lebih memfokuskan pada kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan secara individu oleh mahasiswa pada daerah tempat tinggal masing-masing.

Salah satu mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara, Riko Pratama dari Program Studi Ekonomi, Fakultas Manajemen, peserta KKN Tematik Penanggulangan Bencana Covid-19, yang didampingi oleh dosen pembimbing lapangan, Bambang Nur Cahyaningrum SE, MM, Akt.
melaksanakan KKN di Pagesangan Timur Rt 03 Rw 01, Kecamatan Jambangan, Surabaya.

Sebagai mahasiswa, Riko Pratama dan beberapa elemen lapisan masyarakat seperti Ketua RT, Remaja Masjid, Tetangga dan pelaku UMKM yang berada di sekitar wilayah KKN. Melakukan program Kerja mulai dari pemeriksaan kesehatan, sosialisasi poster Vaksin   tentang pentingnya pencegahan  Covid-19, dll.

Riko Pratama berharap, mahasiswa dan masyarakat tentang progran kerja KKN ini dapat saling bekerja sama dalam membangun potensi yang ada di sekitar, selain itu juga dapat saling bertukar ilmu dan wawasan dalam menghadapi pandemi seperti saat ini.

"Pelaksanaan KKN ini berlangsung selama 45 hari, yaitu mulai tanggal 16 Agustus-14 September 2021 Harapan dari KKN ini, agar mahasiswa dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar domisili, sehingga dapat berperan aktif dalam mengembangkan potensi yang ada di sekitar domisili masing-masing," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Kembangkan Kreativitas Anak dalam Pembuatan Tempat Pensil dari Kaleng Bekas


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top