KKNT UNISRI Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Stik Susu Kambing Etawa

Print Friendly and PDF

 

Nur Indah Faulina Zy saat memberi penyuluhan dan pelatihan pembuatan stik susu kambing etawa.

KKNT UNISRI Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Stik Susu Kambing Etawa

Karanganyar- majalahlarise.com -KKNT MBKM UNISRI Surakarta menyelengarakan penyuluhan dan pelatihan pembuatan stik susu kambing etawa pada Produk Susu Kambing Etawa, yang bertempat di Rumah Ibu RT.05/RW.07 Dusun Lemahbang, desa Bulurejo, kecamatan Godangrejo Kabupaten Karanganyar. Minggu (8/8/2021).

Penyuluhan dan Pelatihan ini di sampaikan oleh Nur Indah Faulina Zy dari  Fakultas Teknologi dan Industri Pangan UNISRI  Kelompok 33 dengan Dosen Pembimbing Lapangan esti aryani, SH , MH, dan Dosen Pembimbing Ir. Saiful bahri, M.Kom
Penyuluhan dan pelatihan ini di ikuti oleh ibu-ibu PKK Dusun Lemahbang, Desa Bulurejo, Kecamatan Godangrejo, Kabupaten Karanganyar.

"Digelarnya kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menambah keterampilan serta meningkatkan kreativitas masyarakat khusunya ibu-ibu PKK di Desa Lemahbang dalam membuat produk olahan susu kambing etawa," katanya.

Lebih lanjut dikatakan susu kambing etawa yang selama ini menjadi potensi Desa Lemahbang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Tidak hanya dijual mentah, tetapi bisa dijual menjadi produk yang sudah diolah sehingga menambah nilai jualnya serta memberikan inovasi produk olahan susu kambing etawa.

"Ibu-ibu sangat antusias mengikuti penyuluhan dan pelatihan ini. Kegiatan pelatihan dikemas dalam serangkaian acara yang berisi penjabaran materi mengenai bahan dan alat untuk membuat stik susu kambing etawa serta langkah-langkahnya dan dilanjutkan dengan demo masak oleh  Nur Indah Faulina Zy dibantu dengan mahasiswa KKN lainnya," ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut juga memberikan kesempatan kepada ibu-ibu PKK untuk mengikuti praktik memasak langsung. Sementara itu ibu Ngadinah sebagai tuan rumah dan ketua PKK menyambut dengan baik dan sangat berterimakasih.

Acara ini berjalan dengan lancar, selama  acara berlangsung  tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mengunakan masker dan mencuci tangan.

Pembuatan stik susu kambing etawa memang tidak sulit. Untuk mengolah susu menjadi stik susu, hanya perlu mencampurkan susu kambing etawa, tepung terigu, tepung tapioka, ekstrak nanas, daun seledri, garam, bawang putih, telur dan margarin. Setelah adonan jadi, adonan digiling dan dicetak dengan alat pemotong stik. Dengan resep yang murah, diharapkan warga dapat mempraktikkan dan mengembangkan sendiri setelah mengikuti pelatihan.

"Harapannya dapat memproduksi stik susu kambing etawa secara massal sehingga menjadi peluang ekonomi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di dusun tersebut," ungkap Nur Indah kepada majalahlarise.com. (Sofyan)


Baca juga: KKNT UNISRI 2021 Sosialisasi Cuci Tangan Kepada Anak-Anak Sebelum Kegiatan



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top