KKNT Unisri Menumbuhkan Kreativitas Anak Membuat Kerajinan Tangan Celengan

Print Friendly and PDF

Meli Rahmawati saat mengajarkan membuat celengan dari kertas karton  pada anak-anak.


KKNT Unisri Menumbuhkan Kreativitas Anak Membuat Kerajinan Tangan Celengan

Wonogiri- majalahlarise.com -Mahasiswa KKNT Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Meli Rahmawati dari kelompok 13 dengan DPL Dr. Sri Handayani, S.Pd, M.Hum mengajar anak-anak membuat kerajinan tangan berupa celengan. Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan kreativitas pada anak-anak desa Setren kecamatan Slogohimo Wonogiri. Jumat (6/8/2021).

Menurut Meli Rahmawati dipilihnya kegiatan ini dilatarbelakangi saat mendidik anak, tidak sedikit orangtua yang hanya fokus pada faktor akademik, padahal kreativitas dan keaktifan si kecil juga penting untuk dipantau. Cara mendidik anak supaya pintar dan kreatif memang butuh tenaga, kesabaran, dan ketenangan untuk mendampinginya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendidik anak untuk lebih kreatif dan aktif.

"Saya mengajarkan anak-anak membuat kerajinan tangan dengan berbahan dasar kertas karton yang nantinya akan menjadi celengan, selain menumbuhkan kreativitas anak dengan cara ini saya berharap dapat menumbuhkan semangat anak untuk menabung sejak dini," terang Meli Rahmawati.

Disampaikan pula, celengan dengan kertas karton ini selain mudah dibuat, bahannya juga mudah didapatkan dengan begitu anak-anak dapat mengikuti cara pembuatan ini dengan mudah.

Bahan dan cara pembuatannya yaitu: Kertas karton (warna sesuai selera), Gunting, Penggaris, Pensil, Lem kertas. Cara membuat celengan dengan kertas karton yaitu potonglah kertas karton menjadi beberapa bagian sesuai ukuran yang diinginkan. Lalu bentuk pola menyerupai tabung. Tempelkan sisi kanan dan sisi kiri karton menggunakan lem kertas. Bentuk tutup celengan berupa bulatan sesuai ukuran yang diinginkan. Lalu tempelkan bentuk lingkaran di ujung atas dan bawah kertas karton dengan lem kertas  dan jangan lupa membuat lubang untuk memasukan uang. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa KKNT Unisri Membimbing Anak Usia SD Kesulitan dalam Pembelajaran Daring


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top