KKNT Unisri Membuat Desain Kemasan Produk Gula Kelapa Alami Ekstrak Kulit Manggis

Print Friendly and PDF

Yenika Sari saat mengemas produk gula kelapa alami ekstrak kulit manggis.

KKNT Unisri Membuat Desain Kemasan Produk Gula Kelapa Alami Ekstrak Kulit Manggis

Pacitan- majalahlarise.com- Salah satu peserta KKNT “MBKM WUJUDKAN DESA BANGKIT" Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI), Yenika Sari dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Andri Astuti Itasari S.Sos, M.I.Kom melaksanakan program KKNT yaitu mengembangkan dan membangkitkan kembali UMKM Pengrajin ”Gula Kelapa Alami” (ekstrak kulit manggis) guna meningkatkan permintaan konsumen di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan perencanaan strategis (SWOT) dan manajemen pemasaran berbasis digital marketing di Desa Kalak, Donorojo, Pacitan Jawa Timur.

Yenika Sari dalam keterangan tertulis kepada majalahlarise.com menyampaikan dalam manajemen pemasaran berbasis digital marketing dirinya melakukan teknis pengemasan gula kelapa dengan melakukan inovasi sangat diperlukan yaitu dengan mengganti kemasan lama agar terlihat lebih menarik dan dapat meningkatkan penjualan secara online. 

Bertempat di rumah Ketua Kelompok pengrajin gula kelapa alami ekstrak kulit manggis di RT/RW 001/001 Dusun Krajan Wetan Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Jawa Timur, Yenika Sari membuat kemasan yang menarik untuk produk gula kelapa ekstrak manggis. Rabu (4/8/2021).

Foto gula kepala ekstrak manggis yang sudah dikemas dan dipromosikan melalui media sosial.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari ibu Widiastutik selaku ketua kelompok pengrajin gula kelapa dan sangat membantu usaha dalam pengemasan gula kelapa menjadi lebih menarik. 

"Upaya mahasiswa sangat membantu pengrajin gula kelapa dalam  memproduksi gula kelapa dengan ekstrak kulit manggis. Setidaknya pengrajin bisa mudah melakukan penjualan, karena kemasan gula kelapa dibuat menjadi menarik oleh mahasiswa KKN," kata ibu Widiastutik.

Lebih lanjut disampaikan, dengan kemasan praktis, produk gula kelapa pengrajin terlihat estetis yang menarik perhatian konsumen. Sehingga proses pemasaran nantinya, harapannya daya beli konsumen lebih meningkat. (Sofyan)


Baca juga: SD Muh PK Kottabarat Surakarta Gelar Festival Muharam Merdeka


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top