KKN Univet 2021, Pendampingan Belajar Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) Bersama Pelajar Tingkat SMP Di Desa Singkil

Print Friendly and PDF

Kegiatan Pendampingan Belajar Mengerjakan Pekerjaan Rumah ( PR ) Bersama Pelajar Tingkat SMP Di Desa Singkil bersama perangkat desa ibu Yani.

KKN Univet 2021, Pendampingan Belajar Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) Bersama Pelajar Tingkat SMP Di Desa Singkil

Sukoharjo- majalahlarise.com -Indrawati Susi Mandasari peserta KKN Periode I tahun 2021/2022 dari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Program KKN ini dilaksanakan secara mandiri di desa sendiri atau desa domisili,  yang berlangsung selama 45 hari yang dilaksanakan pada 16 Agustus – 30 September 2021 Di Desa Singkil Rt 1/8 Parangjoro, Grogol, Sukoharjo. Dengan Dosen pembimbing  Syefira Ayudia Johar, ST.,M.K.M.

Salah satu program yang sudah disusun adalah  Kegiatan Pendampingan Belajar Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) Bersama Pelajar Tingkat SMP Di Desa Singkil, yang dilakukan pada Jumat, 27 - 28 Agustus. Sukoharjo. Dengan Dosen pembimbing  Syefira Ayudia Johar, ST.,M.K.M.

Pada Masa Pandemi Covid - 19 ini banyak kegiatan kegiatan yang terhambat dan terhenti dengan harus mengubah konsep abstrak pengelolaan sistem yang kompleks sesuai dengan seperangkat aturan dan tren. Yaitu salah satunya dibidang pendidikan yang merubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran onlaine atau daring, yang bertujuan untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Pembelajaran online membuat para pelajar jenuh dan kurang maksimal sehingga menimbulkan efek yang kurang baik dalam keinginan untuk belajar untuk itu saya membuat pendampung belajar mengerjakan PR tingkat SMP didesa Singkil.

Pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari 8 siswa pelajar tingkat  SMP , dan sudah mendapatkan ijin dari Rt Dan Seprangkat Desa Setempat, Kegiatan ini bertujuan agar para pelajar bisa  menggembangkan kecerdasan, melatih kemampuan berfikir, meningkatkan kemandirian, beradaptasi dengan baik, dan mampu menyerap dan memahami pembelajaran yang telah disampaikan, tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa setelah mengikuti kegiatan.

Dalam melakukan pembelajaran dua hari ini ada beberapa tahapan yaitu :
1. Pelajar mengerjakan pekerjaan rumah ( PR ) terlebih dahulu
2. Belajar kelompok dengan dengan teman mengenai jawaban yang sulit
3. Sesi tanya jawab kepada saya selaku peserta KKN mengenai jawaban yang sulit / pemecahan masalah
4. Pengumpulan soal soal kepada saya peserta KKN/ tahap koreksi
5. Pengembalian soal soal kepada pelajar
7. Tambahan materi tentang pembelajaran para pelajar yang jawabannya belum benar
6. Tanya jawab dan mengenai pembelajaran yang masih belum paham.

Tahapan yang dilakukan hari pertama dan kedua tetap sama agar maksimal dalam pemberian pembelajaran kepada para pelajar, Dalam sistem pendampingan belajar selama dua hari  ini para pelajar sangat aktif, dan mandiri dalam mengerjakan tugas / Pekerjaan Rumah (PR).

"Dalam proses pembelajaran ini tidak hanya saya selaku peserta KKN dan para pelajar tetapi juga ada kunjungan dari prangkat desa Parangjro yang serta hadir dalam pembelajaran ini, para pelajar menjadi aktif dan lebih mandiri berkenaan banyak yang mensuport pembelajaran tersebut," terang Indrawati Susi Mandasari kepada majalahlarise.com.

Pihaknya dan perangkat desa yang terlibat semoga pembelajaran ini bermanfaat dan dapat menyegarkan pikiran para pelajar yang jenuh, bisa mengubah kompetensi pelajar SMP. (Sofyan)


Baca juga: KKN Univet, Pencegahan Penyebaran Covid-19, Penghijauan di Desa Supan, Jatiharjo, Jatipuro, Karanganyar




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top