KKN Univet 2021, Edukasi Adaptasi Perubahan Perilaku Lebih Sehat Melalui Video

Print Friendly and PDF

Miftaqul Jannah Lusyana Dewi saat memberikan edukasi adaptasi perilaku lebih sehat melalui video.

KKN Univet 2021, Edukasi Adaptasi Perubahan Perilaku  Lebih Sehat Melalui Video 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Miftaqul Jannah Lusyana Dewi (21) mahasiswi Program Studi Teknik Sipil, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan program kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlangsung selama 45 hari, mengusung tema tentang penanganan penularan COVID-19.

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2 tahun terakhir ini sangat berbeda dengan KKN pada umumnya. Program KKN ini dilaksanakan secara mandiri di desa sendiri atau desa domisili,  yaitu desa Songgorunggi Rt 01 Rw 06 kelurahan Kepuh, kecamatan Nguter, kabupaten Sukoharjo dengan didampingi dosen pembimbing lapangan (DPL), Iwan Ristanto S.T., M.T

Mengingat sudah satu tahun lebih virus COVID-19 melanda dunia salah satunya Indonesia, banyak masyarakat yang sudah bosan berdiam diri di rumah dan melakukan kegiatan yang monoton, untuk itu pemerintah telah memperbolehkan masyarakat beraktivitas diluar rumah disebut dengan NEW NORMAL yang sekarang sudah diganti dengan "Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)"  dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Miftaqul Jannah Lusyana Dewi dalam keterangan tertulis menyampaikan KKN Mandiri dalam perencanaan pembuatan video edukasi yang mengusung tema COVID, terinspirasi dari masyarakat yang sering lupa menerapkan protokol kesehatan.

"Langkah awal dalam pembuatan video adalah pengumpulan data berupa gambar-gambar animasi dan mengambil beberapa video pendek yang mengajarkan beberapa langkah wajib dalam beraktivitas dan penerapan protokol kesehatan dengan benar, agar masyarakat mudah memahami video," terangnya.

Berikutnya dijelaskan tahap editing yang memakan waktu hingga 3 hari,  dan menyebarkan hasil video ke media sosial melalui izin pak RT desa Songgorunggi

"Dengan melalui edukasi adaptasi kebiasan baru ini diharapkan masyarakat Songgorunggi lebih taat dalam penerapan protokol kesehatan dan meminimalisir penularan virus COVID-19," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: KKN Univet 2021, Bersama Karang Taruna Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Rumah Warga


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top