KKN Mandiri Univet, Gerakan Menanam untuk Ibu Rumah Tangga

Print Friendly and PDF

 

Salah satu warga, bu Sulastri menanam tanaman di perkarangan rumah.

KKN Mandiri Univet, Gerakan Menanam untuk Ibu Rumah Tangga

Sragen- majalahlarise.com -KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Periode 1 dengan tema “ Mahasiswa Jaga Lingkungan” dilaksanakan dengan mandiri di dukuh Purwokarto RT:4 RW:1, Puro, Karangmalang, Sragen. Merebaknya virus Covid-19 yang terjadi saat ini berdampak pada masyarakat yang di PHK dari pekerjaannya, sehingga masyarakat mengalami penurunan masalah ekonomi.

Melihat kondisi tersebut mahasiswi program studi S1 kesehatan masyarakat Dian Ramadhani yang sedang melaksanakan KKN kelompok kesmas 6 dengan DPL Farid Setyo.N, S.KM.,M.Kes membuat suatu inovasi ditengah pandemi dengan melakukan pemberian bibit dan mengajak masyarakat yang di PHK terutama ibu rumah tangga untuk menanam tanaman, seperti empon-empon, bunga dan tanaman lainnya.

"Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 23 Agustus 2021 di dukuh Purwokarto RT:4 RW:1, Puro, Karangmalang, Sragen. Sasaran kegiatan ini kepada masyarakat yang di PHK dari pekerjaannya terutama para ibu rumah tangga, kegiatan ini dilakukan secara door to door jadi menanam di rumah masing-masing, terang Dian Ramadhani kepada majalahlarise.com.

Lebih lanjut diungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk dapat membantu masalah perekonomian dan mengurangi interaksi sosial di lingkungan sehingga masyarakat tetap bisa mematuhi protokol kesehatan.

Salah satu warga yaitu bu Sulastri berhasil memasarkan tanamannya dengan baik sehingga tanaman hasil kegiatan KKN ini dapat dijual dan dapat membantu perekonomiannya.

“Saya tidak mempunyai tempat yang luas bukan halangan untuk menanam tanaman, karena saya hanya tanam di pot dan saya taruh tempat yang sangat kecil” terang bu Sulastri.

Dengan adanya kegiatan penanaman empon-empon, bunga dan tanaman lainnya diharapkan dapat dibudidayakan oleh masyarakat karena kegiatan ini memiliki banyak manfaat seperti dapat membantu masyarakat dalam menjaga imunitas tubuh, membantu ketahanan pangan serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat pada masa pandemi virus Covid-19 ini. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa KKNT Unisri Sosialisasi Bahaya Narkotika Bagi Remaja


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top