Kembangkan Kreativitas Anak dalam Pembuatan Tempat Pensil dari Kaleng Bekas

Print Friendly and PDF

Salsa Diniarti mengajari anak-anak membuat tempat


Kembangkan Kreativitas Anak dalam Pembuatan Tempat Pensil dari Kaleng Bekas

Karanganyar- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN-T Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI), Salsa Diniarti dengan Npm 18200306 Prodi Manajemen DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Fabian Rengganesti S.E., M.M. Melaksanakan Progam Kerja Pemanfaatan Kaleng Bekas menjadi tempat pensil kepada anak-anak di Desa Ngringo, Jaten, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (7/8/2021).

Salsa Diniarti dalam keterangan tertulis mengatakan memanfaatkan kaleng bekas untuk membuat tempat pensil sekaligus mengembangkan kreativitas anak-anak dalam berimajinasi.

"Ada tujuan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang program membuat tempat pensil dari kaleng bekas. Pertama, memanfaatkan kaleng bekas yang ada karena juga mengurangi sampah dan mengajak anak-anak memanfaatkan kaleng bekas tersebut menjadi tempat pensil yang bermanfaat," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan tersebut dimulai dengan mengajak anak-anak mengumpulkan kaleng bekas di lingkungan mereka misalnya bekas tempat rokok, bekas minuman kaleng, dll. Kemudian anak-anak membersihkan kaleng, mewarnai, dan memberikan ornamen unik yang juga terbuat dari kaleng bekas sesuai imajinasi mereka.

Mahasiswa mengajak anak-anak desa memanfaatkan kaleng bekas dan menjadikannya tempat pensil yang unik.

“Selain untuk mengurangi sampah, untuk jangka panjang ini juga membudayakan kebiasaan berkreativitas dari barang bekas sejak dini,” ujar Salsa.

Alasan dia mengajak anak-anak membuat tempat pensil dari kaleng bekas yaitu pertama untuk mengembangkan kreativiatas sejak dini yang kedua untuk mengalihkan rasa bosan anak-anak terhadap sekolah daring dan juga agar tidak selalu bermain hp di waktu luangnya.

"Tak lupa juga dalam pembuatan kaleng bekas menjadi tempat pensil ini juga mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker selalu," katanya. (Sofyan)


Baca juga: KKN Unisri memberikan sosialisasi protokol kesehatan di lingkungan Desa Tubanrejo, Jeron, Nogosari




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top