SASINDO FIB UNS Adakan Webinar Karir dan Wirausaha untuk Mahasiswa

Print Friendly and PDF

Dr. Dwi Susanto, M.Hum. Kaprodi Sastra Indonesia.

SASINDO FIB UNS Adakan Webinar Karir dan Wirausaha untuk Mahasiswa

Solo- majalahlarise.com -Prodi Sastra Indonesia FIB UNS Surakarta kembali memfasilitasi mahasiswa untuk mengenal lebih dekat akan profesi yang bisa menjadi alternatif pilihan pekerjaan setelah lulus kuliah. Rabu (28/7/2021) melalui aplikasi daring Zoom meeting. Acara yang berlangsung selama dua jam lebih ini menghadirkan dua narasumber. Narasumber pertama adalah Rendra M.Habibie, S.S. selaku praktisi digital marketing, pendiri dan pemilik Bisnis Sekolah Saudagar. Sementara narasumber kedua adalah Irwanto, S.S.,M.S. seorang jurnalis dan wirausaha agrikultur. Kedua narasumber adalah alumni Sastra Indonesia yang saat ini sudah berhasil menggeluti profesinya dibidang masing-masing.

Dalam paparannya narasumber Rendra M. Habibie, S.S. selaku pembicara pertama mengatakan bahwa untuk bisa menjadi pemenang dalam berbisnis di era saat ini, ada beberapa wilayah yang harus dikuasai oleh anak muda. Kunci bisnis anak muda adalah kuasai ilmunya. Ilmu apa yang harus dipelajari menurutnya adalah ilmu digital marketing. Selain ilmu tersebut juga dibutuhkan mentor yang akan membimbing kita dalam dunia marketing terutama digital marketing. Dan yang terakhir yang harus di pahami adalah perlu adanya komunitas yang akan mewadahi dan mendukung kelanjutan dari bidang yang akan kita tawarkan.

Sementara itu narasumber kedua, Irwanto, S.S., M.S. yang juga merupakan alumni sastra Indonesia memberikan paparan tentang langkah awal yang dilakukan sebelum memulai wirausaha yaitu perlu adanya pemetaan pada potensi diri. Adapun beberapa metode bisa dilakukan diantaranya 1) metode terencana, 2) metode mengali, 3) metode kombinasi terencana dan mengalir, 4)metode konsultasi, dan 5) metode memanfaatkan IT.


Baca juga: Geya, Siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Kembali Raih Medali Olimpiade Matematika Internasional

Ditempat terpisah Dr. Miftah Nugroho, M.Hum. selaku dosen Sastra Indonesia mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memberi bekal kepada para mahasiswa Sastra Indonesia perihal bagaimana menangkap peluang usaha di era saat ini. Dengan kata lain, mahasiswa diberi materi tambahan perihal kewirausahaan setelah mereka juga mengikuti kuliah tersebut. 

“Kegiatan ini juga dapat menambah semangat bagi mahasiswa untuk menekuni bidang kewirausahaan. Saat peluang kerja susah digapai, bidang kewirausahaan menjadi peluang besar untuk dikerjakan sehingga prodi menganggap bahwa kegiatan ini perlu dilaksanakan,” paparnya disela-sela kesibukan. (Sofyan)





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top