PENGGUNAAN MEDIA PUBLIC FIGURE PICTURE DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS DESCRIPTIVE TEXT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII

Print Friendly and PDF

PENGGUNAAN MEDIA PUBLIC FIGURE PICTURE DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS DESCRIPTIVE TEXT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII

Oleh: Sri Rahayu, S.Pd

Guru SMP Negeri 2 Nguntoronadi, Wonogiri Jawa Tengah

Sri Rahayu, S.Pd



       Menulis merupakan satu di antara dari empat keterampilan berbahasa yang terdiri atas mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Menulis diajarkan dalam pendidikan formal karena tidak didapat begitu saja tanpa pembelajaran. Mengapa menulis itu penting? Karena bahasa yang disampaikan bisa ditata dengan baik dan benar, susunan kalimatnya teratur, kata-katanya tepat, dan kontinuitasnya terjaga. Menulis dapat dipergunakan untuk memberitahukan, meyakinkan, menghibur, memengaruhi, dan mengekspresikan perasaan. Kegiatan menulis, diharapkan seseorang dapat mengenal dirinya, mengemukakan gagasan dan perasaan secara lisan dan tertulis, berpartisipasi dalam masyarakat, menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif yang ada dalam dirinya.  

       Tujuan pembelajaran dikatakan berhasil atau tidaknya ditentukan oleh banyak faktor di antaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara atau model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.

       Mengutip Tan (dalam Rusman, 214:229) bahwa Model pembelajaran problem based learning merupakan inovasi dalam pembelajaran karena dalam pembelajaran berbasis masalah kemampuan berpikir siswa betul-betul dioptimalisasikan melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning ini, siswa dapat belajar dengan hal-hal seperti permasalahan dunia nyata, berpikir tingkat tinggi menyelesaikan masalah, menggali informasi, belajar bekerja sama dan belajar berkomunikasi. Oleh karena itu, proses pembelajaran menulis teks deskriptif dapat dianjurkan menggunakan Model Problem Based Learning yang memiliki kelebihan untuk memecahkan, mengaplikasikan, memahami masalah di dunia nyata yang dialami oleh siswa. 

      Siswa dituntun mengikuti tahap-tahapan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu: Pertama, memberikan orientasi permasalahan, maksudnya guru menyajikan permasalahan secara nyata/pengalaman sehingga siswa mudah memecahkan masalah. Kedua, mengorganisasikan siswa untuk penyelidikan, maksudnya guru membantu siswa dalam mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar/ penyelidikan untuk menyelesaikan permasalahan. Ketiga, melakukan penyelidikan, maksudnya guru mendorong siswa untuk memperoleh informasi yang tepat, melaksanakan penyelidikan dan mencari penjelasan solusi. Keempat, mengembangkan dan menyajikan hasil. Kelima, menganalisis dan mengevaluasi proses penyelidikan.

      Manfaat dari penerapan metode Problem Based Learning melalui public figure picture ini adalah peserta didik dapat menambah wawasan mereka mengenai bagaimana belajar bahasa Inggris sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan pemahaman menulis (writing comprehension) peserta didik dalam menulis teks deskriptif.

      Pengertian publik figure adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang dalam penerjemahannya memiliki arti sosok atau tokoh yang dikenal secara luas oleh masyarakat umum. (Sumber= http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-public-figure). Dalam hal ini penulis menggunakan Public Figure Picture untuk memudahkan anak mengembangkan kreatifitas menulis utamanya pada teks deskriptif. Dengan melihat Public Figure Picture yang diberikan oleh guru kepada peserta didik, merek akan dengan mudah mengembangkan ide-ide mereka saat menggambarkan apa yang mereka lihat pada gambar  publik figure yang diberikan dan hal ini lebih mampu menarik perhatian mereka serta 50% hasil yang diperoleh menunjukkan  peningkatan dalam ketrampilan menulis mereka. Jadi bisa disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan ketrampilan menulis teks deskriptif.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top