Lembaga Pengelola Dan Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI Lakukan Monitoring Tim Riset RISPRO-LPDP Univet Bantara Sukoharjo

Print Friendly and PDF

 

Tim monitoring saat melakukan diskusi dengan tim riset RISPRO-LPDP Uniet Bantara Sukoharjo.

Lembaga Pengelola Dan Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI Lakukan Monitoring Tim Riset RISPRO-LPDP Univet Bantara Sukoharjo

Sukoharjo- majalahlarise.com -Tim monitoring Lembaga Pengelola Dana Penelitian (LPDP) Kementerian Keuangan RI melakukan monitoring terhadap kegiatan riset yang dilaksanakan oleh Tim Peneliti Rispro LPDP Univet Bantara Sukoharjo. Rabu (14/7/2021) melalui daring.

Tim monitoring terdiri dari Prof. Dr. Amirul Mukminin (Reviewer), Wisnu Sardjono (Direktur Fasilitasi Riset LPDP), Diki Candra Setiawan (Divisi Evaluasi Pendanaan Riset), Ihda Nurina (Subdivisi Pengembangan Layanan Pendanaan Riset) dan Budi Irawan (Subdivisi Kerjasama Pendanaan Riset LPDP).

Sedangkan Tim riset dari Univet Bantara Sukoharjo, terdiri Ketua Dr. Herry Agus Susanto, beserta anggotanya Dr. Meidawati Suswandari, Dewi Kusumaningsih, M.Hum, Dr. Sri Mulyati, Suyamto, S.Pd. Dari Mitra Drs. Darno, M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo) dan Sri Hadiyatmini, M.Pd (Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo), didamping oleh Dr. Sri Hartati, MP (Ketua LPPM Univet Bantara Sukoharjo).


Baca juga: SMPN 8 Surakarta Ikuti Program Guru Belajar Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/ 2022

Pada saat monitoring, Dr. Herry Agus Susanto, sebagai ketua memaparkan ketercapaian indikator kinerja riset (sebagai luaran), pendanaan, kebermaknaan riset, keterlibatan mitra dan tindak lanjut.

Ketercapaian indikator kinerja riset (IKR) ada 4 macam, yaitu : (1) Model Pedoman Implementasi Lesson Study, (2) Kebijakan Implementasi Lesson Study, (3) Artikel Jurna Nasional, dan (4) artikel diterbitkan pada Jurnal Internasional bereputasi. Persentase ketercapaian IKR masing-masing: Model Pedoman Implementasi Lesson Study (85%),  Kebijakan Implementasi Lesson Study (85%), (3) Artikel Jurnal Nasional (100%), dan artikel diterbitkan pada Jurnal Internasional bereputasi (100%). Pendanaan sampai pada saat monitoring dilaksanaan mencapai 62,17%. Kebermaknaan riset meliputi meningkatnya kopetensi guru, melelui implementasi LS.
Keterlibatan mitra, meliputi pendanaan secara cash maupun ik-kind.

Tampilan layar kegiatan monitoring Tim Lembaga Pengelola Dana Penelitian (LPDP) Kementerian Keuangan RI dan Tim Peneliti Rispro LPDP Univet Bantara Sukoharjo.

"Keterlibatan lain dari mitra adalah mengkoordinasikan, menyediakan sarana prasarana, serta membantu pembiayaan, serta mendampingi dan memonitor selama kegiatan riset.

Tindak lanjut kegiatan riset meliputi penyempurnaan draf pedoman implementasi LS serta draf kebijakan," jelas Herry Agus Susanto.

Dari Mitra, Drs. Darno, M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo) didampingi oleh Sri Hadiyatmini, M.Pd (Pengawas) juga menyampaikan paparanya yang meliputi kontribusi terhadap riset, manfaat dan kebermaknaan riset, serta harapan dari riset.


Baca juga: Senam Aerobik Segarkan Suasana Pengenalan Kelas Baru

Harapan Drs. Darno, M.Pd yang juga diamini oleh Sri Hadiyatmini (Pengawas), meliputi setelah terealisasi pedoman LS, dapat dikembangkan dan diimplementasikan di Sekolah Dasar secara luas, Hasil riset, menjadi salah satu acuan untuk meningkatkan kompetensi guru di Sukoharjo, dan Implementasi LS tidak hanya dikembangkan untuk para guru di Sekolah Dasar, tetapi juga dikembangkan kepada guru PAUD/TK, dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Sukoharjo, Dapat diteruskan untuk pendanaan tahun berikutnya agar terjadi kesinambungan kegiatan Lesson Study pada jangkauan yang lebih luas, meliputi PAUD/TK, SD dan SMP

Berdasarkan monitoring secara daring, dihasilkan sebagia berikut: (1) 4 Luaran yang dijanjikan, 2 diantaranya telah mencapai 100% sedangkan 2 lainnya sudah 85%., (2) Tim riset, melalui Ketua optimis akan menyelesaikan riset ini tepat waktu, dan dapat melakukan submit data riset sesuai dengan waktu yang disepakati. (3). Memberikan laporan secara rutin bulanan melalui e-Rispro, (4) Reviewer berharap manfaat dari riset ini dapat dirasakan tidak hanya tingkat kecamatan, namun juga seluruh sekolah di kabupaten sukoharjo bahkan dilevel nasional, (5) Menyempurnakan draft model Pedoman implementasi LS sesuai format, rapih dan cantik. (6)  Mitra riset sangat mendukung kegiatan ini, (7). Kerja sama mitra dengan periset sudah dimulai sejak 3-4 tahun yang lalu, kerja sama yang dijalin juga memiliki kemiripan dengan riset yang dijalankan saat ini. Sedangkan dalam hal pengabdian kepada masyarakat sudah bekerja sama dengan mitra sejak tahun 2014-2016.

Pada saat akhir monitoring, Dr. Sri Hartati, Ketua LPPM Univet Bantara Sukoharjo, diberi kesempatan untuk menutup kegiatan dan menyampaikan pesan dan harapan.

Dr. Sri Hartati menyampaikan bahwa Riset yang dilakukan oleh Tim Rispro LPDP yang diketuai oleh Dr. Herry Agus Susanto, merupakan riset kebanggaan dari LPPM, karena merupakan satu-satunya riset dan yang pertama dilakukan oleh dosen di Univet Bantara Sukoharjo. Selain itu, juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Monitoring LPDP, agar kegiatan riset ini menjadi lebih baik, dan memotivasi dosen lain untuk melakukan kegiatan penelitian.

"Harapanya kegiatan penelitian ini dapat dilanjutkan pada waktu yang akan datang," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS Tingkatkan Potensi Madu Klanceng di KHDTK Gunung Bromo Karanganyar 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top