Enam Siswa Tim Redaksi Buletin MELATI SMPN 4 Wonogiri Peroleh Pembekalan Jurnalistik

Print Friendly and PDF

 

Kepala SMPN 4 Wonogiri, Sukiman, S.Pd saat memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan pembekalan jurnalistik.

Enam Siswa Tim Redaksi Buletin MELATI SMPN 4 Wonogiri Peroleh Pembekalan Jurnalistik

Wonogiri- majalahlarise.com -Sebanyak 6 siswa dari tim redaksi buletin MELATI SMP Negeri 4 Wonogiri memperoleh pembekalan materi jurnalistik untuk persiapan wawancara peliputan kegiatan sekolah yang akan diambil dokumentasi dalam bentuk video oleh Bappeda Litbang kabupaten Wonogiri dalam rangka kegiatan Innovation Gaverment Award.

Pembekalan jurnalistik ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan dengan menghadirkan pemateri  Sofyan Yuli Antonius, S.Sos. (Praktisi Jurnalistik sekaligus pengelola majalahlarise.com), Bertempat di ruang aula sekolah, Rabu (30/6/2021).

Kepala SMPN 4 Wonogiri, Sukiman, S.Pd menyampaikan pendidikan jurnalistik merupakan salah satu pendidikan karakter siswa di SMPN 4 Wonogiri yang telah menelurkan karya jurnalistik untuk maju dalam Innovation Gaverment Award berjudul Pendikar Julik artinya Pendidikan Karakter melalui Jurnalistik.


Baca juga: Geya, Penyuka Matematika yang Terus Berprestasi di Masa Pandemi

"Para wartawan siswa disegarkan kembali pengetahuannya tentang kewartawanan yaitu teknik-teknik wawancara, teknik-teknik menulis berita straight news dan feature, etika kewartawanan. Waktunya terbatas mereka diberi pembelajaran sekilas. Mereka sudah belajar jurnalistik juga pada masa sebelum pandemi," terangnya.

Ditambahkannya, melalui ekstrakurikuler jurnalistik di SMPN 4 Wonogiri telah menerbitkan buletin sekolah bernama buletin MELATI. Pada bulan ini sudah menerbitkan buletin digital atau e-buletin yang sudah di upload di dunia maya atau media sosial.

"Melalui kegiatan jurnalistik ini sekolah membekali siswa untuk mempunyai karakter yang gigih, berani, jujur, berintegritas, siswa tidak canggung dalam menghadapi siapapun termasuk wawancara dengan para pejabat, para pimpinan instansi serta tidak canggung berbicara di depan umum," ujarnya.

Sementara itu, pemateri Sofyan Yuli Antonius, S.Sos dalam pemaparan materi menjelaskan materi dasar-dasar jurnalistik, teknik liputan berita, teknik wawancara, teknik penulisan berita straight news dan feature dan praktik membuat daftar pertanyaan.

"Sebelum melakukan wawancara yang perlu dipersiapkan daftar pertanyaan, alat tulis, alat perekam, kamera video ataupun kamera foto. Selain itu kesiapan mental keberanian, sopan santun, serta mampu berbicara dengan lancar ketika wawancara," katanya.

Dalam kegiatan ini, siswa melakukan presentasi  hasil pembuatan daftar pertanyaan yang akan digunakan sebagai bahan wawancara dengan narasumber berita. (Julian)


Baca juga: Mahasiswa BK UNISRI Beri Pelatihan Moral Kepada Remaja Di Desa Sentul, Bekonang


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top