Mahasiswa Kampus Mengajar I, Ajak Siswa SD Negeri Kalimati 02 Brebes Beraksi Bikin Kreasi Botol dan Mural

Print Friendly and PDF

Para siswa berkreasi memanfaatkan botol bekas untuk didaur ulang dan dijadikan sebuah kerajinan.

Mahasiswa Kampus Mengajar I, Ajak Siswa SD Negeri Kalimati 02 Brebes Beraksi Bikin Kreasi Botol dan Mural

Brebes- majalahlarise.com -Lima anggota tim mahasiswa program Kampus Mengajar yang berasal dari kampus yang berbeda-beda ini yang berlokasi di SD Negeri Kalimati 02 Brebes telah memasuki bulan terakhir pelaksanaannya dalam membantu mengajar di sekolah, untuk itu sebagai puncak kegiatan dengan mengajak para siswa berkreasi memanfaatkan botol bekas untuk didaur ulang dan dijadikan sebuah kerajinan, serta aksi mural di dinding tembok sekolah sebagai kenang-kenangan.

Kegiatan kreatif tersebut berlangsung selama 3 (tiga) hari setelah siswa menyelesaikan Penilaian Akhir Tahun pada tanggal 10 - 12 Juni 2021. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dilihat dari kontribusi para siswa dalam membawa banyaknya botol bekas yang dimiliki untuk selanjutnya dipotong-potong dan di lukis bersama.

Keterbatasan alat lukis yang dimiliki tidak menurunkan semangat para siswa untuk melukis bersama, mereka tetap antusias dengan bergantian melukis botol bekas tersebut dengan cat warna-warni. Walau tangan mereka banyak yang terkena cat mereka tetap senang untuk melukis botol bekas tersebut. Setelah botol-botol tersebut diwarnai oleh siswa, maka sekarang giliran para mahasiswa Kampus Mengajar untuk merangkai botol bekas menyerupai pelangi yang selanjutnya di tempel di tembok kosong di samping tempat parkir sepeda.


Baca juga: Laboratorium Pertanian Univet Bantara Panen Melon, Hasilkan Pendapatan 26 Juta

Selain itu, mahasiswa juga menambahkan beberapa lukisan di samping pelangi yang terbuat dari botol plastik tersebut agar lebih terlihat cantik dan menarik. Hal ini diharapkan dapat menghidupkan kembali suasana di SD N Kalimati 02 yang semula kusam, sepi dan kosong menjadi lebih berwarna dan menarik minat siswa untuk belajar di sekolah. 

Selain adanya kreasi botol bekas, tim mahasiswa yang beranggotakan, yaitu : Anggi Khoirunnisa (Universitas Dian Nuswantoro) Farkhatun Azzahro Salsabila (Universitas PGRI Semarang), Nur Sofianin Pratika (Universitas Sebelas Maret), Ripa Maya Sopyana (Universitas Ahmad Dahlan), dan Welly Wicaksono (Universitas PGRI Semarang) melakukan kegiatan mural di tembok kosong di samping perpustakaan.

Dibawah bimbingan DPL (Dosen Pendamping Lapangan), yaitu Basnendar Herry Prilosadoso, S,Sn., M.Ds dari dosen Prodi Desain Komunikasi Visual, FSRD ISI Surakarta ini, walau tim mahasiswa ini bukan berasal kampus seni, namun tetap berusaha untuk membuat mural tersebut dengan baik meskipun dengan keterbatasan. Mural dengan tema flora dan fauna dengan warna-warna terang yang juga diharapkan akan membuat lokasi sekolah dasar.

Kegiatan mural oleh tim mahasiswa dilakukan sebagai salah satu bentuk kenang-kenangan kepada sekolah pada saat kegiatan kampus mengaja, dimana respon dari pihak sekolah juga sangat baik.

Khasanah, S.Pd selaku kepala sekolah selalu mendukung kegiatan yang bertujuan untuk memajukan sekolah tersebut, serta berterimakasih atas pelaksaanaan program Kampus Mengajar.

Sedangkan menurut Basnendar Herry Prilosadoso dengan kegiatan ini diharapkan siswa bisa lebih kreatif dalam mengeksplorasi material limbah yang terdapat di sekitar lingkungan menjadi benda yang bernilai dan bermanfaat kedepannya. (Julian)


Baca juga: YPPP Veteran Terima Sosialisasi Beasiswa Kuliah Dari BMT Tumang



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top