Lembaga Inovasi Kewirausahaan Unisri Gelar FGD Paten Hasil Penelitian

Print Friendly and PDF

Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Menggali Potensi Hasil Penelitian yang Berpotensi Paten” secara daring. 

Lembaga Inovasi Kewirausahaan Unisri Gelar FGD Paten Hasil Penelitian

Solo- majalahlarise.com -Untuk meningkat jumlah  paten yang berasal dari hasil penelitian Lembaga Inovasi dan Kewirausahaan (LIK) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Kamis (24/6/2021) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Menggali Potensi Hasil Penelitian yang Berpotensi Paten” secara daring. 

FGD diikuti 57 dosen yang berasal dari Unisri maupun dari Universitas Pandanarang Semarang, Universitas Boyolali dan Universitas Kristen Surakarta. Menampilkan narasumber Dr Ambarwati, M.Si, dosen Prodi Kesmas Fakultas Kedokteran UMS.

Ketua LIK Unisri, Ir. Siswadi, MP menjelaskan FGD bertujuan untuk sosialisasi tentang potensi paten hasil penelitian dan bagaimana langkah-langkah menuliskan hasil penelitian menjadi suatu paten produk.


Baca juga: Inovatif, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Hadirkan Studio Podcast

"Paten merupakan hak ekslusif atas invensi di bidang teknologi untuk selama waktu tertentu, melaksanakan sendiri atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakan invensinya," ungkapnya.

Sementara itu narasumber, Ambarwati, memaparkan syarat hasil penelitian yang dapat dipatenkan ada 3 yaitu memiliki nilai kebaharuan bisa berasal pengembangan dari yang sudah ada; langkah inventif yaitu mempunyai kelebihan dari penemuan yang sudah ada sebelumnya atau sesuatu hal yang tidak terduga; dan dapat diterapkan di industri, walau tidak semua hasil paten dapat diterapkan di dunia industri.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Rispantyo, MSi, berharap kegiatan FGD terus berkelanjutan sehingga peserta FGD dapat membuat drafting paten dan selanjutnya diajukan untuk mendapatkan granted paten, yang berdampak paten di Unisri terus meningkat seiring dengan inovasi hasil penelitian yang terus dikembangkan.


Baca juga: Mahasiswa Kampus Mengajar I, Ajak Siswa SD Negeri Kalimati 02 Brebes Beraksi Bikin Kreasi Botol dan Mural

"Fungsi paten bagi dosen dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi antara lain sebagai jaminan perlindungan hukum, keperluan kenaikan pangkat, sebagai salah satu kewajiban khusus Lektor Kepala dan Profesor," tandasnya.

FGD di moderatori  Dr. Wuri Wulandari, STP, MP berlangsung interaktif peserta banyak mengajukan pertanyaan seputar syarat-syarat dan proses pengajuan paten dari hasil penelitian. (Sofyan)


Baca juga: Laboratorium Pertanian Univet Bantara Panen Melon, Hasilkan Pendapatan 26 Juta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top