Scout Triska SMPN 3 Surakarta Siaran di Radio Konata FM

Print Friendly and PDF

 

Scout Triska SMPN 3 Surakarta saat siaran di Radio Konata FM.

Scout Triska SMPN 3 Surakarta Siaran di Radio Konata FM

Solo- majalahlarise.com -Scout Triska sebutan Pramuka Gudep 01.172-01.213 SMPN 3 Surakarta mendapatkan kesempatan sebagai narasumber talkshow di Radio Konata FM (Radio Anak Surakarta). Sebagai narasumber kak Bambang Setio Wibowo (Pembina Pramuka) dan Alifya Cahya (Ketua Dewan Penggalang sekaligus Pramuka Garuda) dengan moderator Hizkia Doni. Rabu (19/5/2021).

Pembina Pramuka Gudep SMPN 3 Surakarta, kak Bambang Setio Wibowo saat dikonfirmasi mengatakan tema talkshow yaitu SMPN 3 Surakarta Menuju Gudep Mantap 2021.

"Dalam talkshow kami menyampaikan hal terkait dengan kesiapan Gudep Pramuka SMPN 3 Surakarta dalam mengikuti lomba Gudep Mantap 2021 tingkat provinsi Jawa Tengah mewakili Kwarcab Kota Surakarta," terangnya.


Lebih lanjut dikatakan kak Bambang, ada delapan aspek yang harus dipersiapkan dan dipenuhi oleh Gugus Depan Pramuka sebagai persyaratan lomba yaitu aspek manajemen dan administrasi, aspek sumber daya manusia, aspek keuangan dan sarana prasarana, aspek kegiatan, aspek proses pencapaian SKU, SKK dan SPG, aspek prestasi, aspek kemitraan, dan aspek kehumasan.

"Kita berupaya semaksimal mungkin melengkapi semua aspek dalam portofolio yang dikumpulkan paling lambat akhir bulan Mei 2021. Kami juga mohon doa restu dan dukungan dari semua pihak Gudep SMPN 3 Surakarta berhasil meraih prestasi lomba Gudep Mantap Tingkat Jawa Tengah," harapnya.

Pihaknya juga menerangkan dimasa Pandemi Covid-19, kegiatan kepramukaan ikut terdampak. Dulu saat sebelum Pandemi, ekstra kurikuler bisa dilaksanakan secara tatap muka setiap hari Jumat sore, sejak pandemi menjadi secara daring.

"Kegiatan kepramukaan dilaksanakan dengan memanfaaatkan melalui media sosial, misalnya IG dan Youtube milik SMPN 3 Surakarta. Beberapa materi latihan kepramukaan dari pembina Pramuka SMPN 3 Surakarta bahkan ada yang di upload melalui Youtube milik Kwarcab Kota Surakarta. Sehingga diharapkan dapat memberi motivasi pada para pembina lain agar tetap memberikan pendidikan kepramukaan pada peserta didik di masa Pandemi ini dengan memanfaatkan media sosial yang ada saat ini," ujarnya.



Baca juga: SMAN 1 Manyaran Gelar Rakor dan Halal Bi Halal Usai Libur Idul Fitri 1442 H

Disampaikan pula, prestasi dalam kepramukaaan di masa pandemi saat ini masih diraih oleh SMPN 3 Surakarta. Diantaranya, meraih juara 1 Pembina Penggalang Berprestasi Tk Kota Surakarta Tahun 2019, atas nama Hetty Dwi Agustin, S.Pd maju mewakili Kota Surakarta ke tingkat Provinsi, meraih juara 3 Pembina Penggalang Berprestasi Tk Kwarda Jawa Tengah tahun 2019.

Prestasi berikutnya, peserta didik atas nama Alyfia Cahya Putri, yang meraih juara 2 Lomba Pramuka Penggalang Garuda Tingkat Kota Surakarta tahun 2020 dan di tahun 2021 ini, Gugus Depan SMPN 3 Surakarta maju mewakili Kota Surakarta untuk Lomba Gugus Depan Mantap Tahun 2021 ke Tingkat Kwarda Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, Pembina atas nama Bambang Setio Wibowo, S.Pd juga maju mewakili Kota Surakarta untuk Lomba Pembina Penggalang Berprestasi Tingkat Kwarda Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021.

"Semua prestasi yang diraih baik oleh para Pembina dan peserta didik di pangkalan SMPN 3 Surakarta tersebut tidak terlepas dari kerjasama yang terjalin dengan baik antar semua stake holder pemangku pendidikan di SMPN 3 Surakarta. Mulai dari Kamabigus, Mabi, Komite, orangtua, Pembina Pramuka, Guru-guru dan Staf Karyawan, serta para peserta didik.

Dra. Suparyanti, M.Si selaku Kamabigus di pangkalan SMPN 3 Surakarta sangat mendukung kegiatan kepramukaan di SMPN 3 Surakarta.

Sementara itu, Alifya Cahya (Ketua Dewan Penggalang sekaligus Pramuka Garuda) menceritakan pengalamannya selama mengikuti seleksi Pramuka Garuda yang menghantarkannya meraih juara 2 Pramuka Garuda tingkat Kota Surakarta. (Sofyan)


Baca juga: Gudep Pangkalan SMPN 3 Surakarta Punya Enam Pramuka Garuda


1 komentar:


Top