PERAN DESAIN POSTER SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI PROGRAM PEKAN IMUNISASI DUNIA 2021 DI MASA PANDEMI

Print Friendly and PDF

PERAN DESAIN POSTER SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI PROGRAM PEKAN IMUNISASI DUNIA 2021 DI MASA PANDEMI

Naviatul Ilma 


Pelaksanaan pelayanaan imunisasi di Indonesia dilaksanakan oleh pemerintah bekerjasama dengan masyarakat dan pihak terkait. Salah satu permasalahan utama yang seringkali dihadapi dalam program tertib vaksin di tengah pandemi adalah ketakutan masyarakat untuk mengunjungi rumah sakit maupun tempat kesehatan terkait. Selain itu, terdapat beberapa keyakinan orang tua  bahwa vaksin pada balita menyebabkan demam. Dalam literatur oleh Laturrakhmi (2018), menjelaskan bahwa kebenarannya vaksin tidak menimbulkan penyakit serta melindungi individu dan orang sekitar kedepannya. Vaksin yang telah diberikan kepada masyarakat sudah diuji berulang kali sehingga terjamin keamanannya tanpa menimbulkan efek samping yang berat.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan UNICEF yang dilakukan pada bulan April 2020 terhadap lebih dari 5.300 fasilitas kesehatan di Indonesia menunjukkan 84% responden mengatakan layanan imunisasi anak terganggu akibat Covid-19. Oleh karena itu, pembuatan poster di atas dalam rangka memperingati Pekan Imunisasi Dunia tahun 2021 pada minggu keempat April yang bertujuan untuk turut berkampanye akan prosedur melaksanakan imunisasi di tengah pandemi. Terdapat empat prosedur penting yang harus dilakukan oleh pihak penyedia fasilitas pelayanan kesehatan serta pelaksana imunisasi diantaranya : (1) Selalu menerapkan aturan jaga jarak minimal, (2) Pemberlakuan sistem triase, yaitu memisahkan anak yang imunisasi dan berobat karena sakit, (3) Pengaturan jam kedatangan untuk mencegah kerumunan pasien, (4) Sosialisasi kepada orang tua dan anak untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

Media poster sebagai media komunikasi visual yang berperan penting dalam menginformasikan sekaligus media edukasi di masa yang sudah hampir berjalan selama dua tahun ini. 

Poster merupakan media visual dua dimensi berisikan gambar dan pesan tertulis yang singkat, dimana poster tidak hanya penting untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu tetapi mampu pula untuk mempenggaruhi dan memotivasi tingkah laku masyarakat pemirsanya (Arsyad, 2016), Poster merupakan perpaduan atau kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanam gagasan yang berarti di dalam ingatannya.

Media poster sebagai suatu media untuk menyampaikan informasi, saran, pesan dan kesan, ide dan sebagainya, dimana prinsipnya media ini merupakan gagasan yang disebutkan dalam bentuk ilustrasi gambar yang disederhanakan yang dibuat dalam ukuran besar, bertujuan untuk menarik perhatian, membujuk, memotivasi atau memperingatkan pada gagasan pokok, fakta atau peristiwa tertentu.

Masa pandemi sekarang ini banyak penggunaan poster dalam penyebarluasan informasi dan edukasi baik informasi seputar virus dan penyebarannya, penerapan protokol kesehatan, sampai info jumlah warga yang terdampak akan wabah ini. Sejauh peran poster cukup efektif dalam menginformasikan hal-hal penting terkait perkembangan Covid-19 sampai sekarang yaitu program vaksinasi. Melalui ilustrasi, tipografi, dan pesan yang terkandung di dalam poster baik yang dipublikasikan oleh pemerintah maupun pihak swasta, dan masyarakat umum mampu memberikan informasi yang cukup mengenai pandemi ini. Unsur informasi yang termuat dalam poster mengenai program vaksinasi menjadi penting untuk dilaksanakan mengingat tingkat imunitas khususnya vaksin Covid-19 dalam suatu negara dapat diukur dari tingginya jumlah warga negara yang sudah menerima vaksinasi. 

Pendidikan mengenai sosialisasi menyeluruh pentingnya vaksin atau imunisasi harus menjadi agenda yang dilakukan secara berkelanjutan. Diharapkan melalui media poster edukasi vaksin ini dapat membantu masyarakat benar memahami manfaat dari mendapatkan imunisasi tepat waktu dan tidak mudah terpengaruh informasi menyesatkan di tengah situasi yang tidak menentu. Media poster bisa berfungsi sebagai penghubung informasi dari pemerintah kepada masyarakat luas, mengingat media ini lebih mudah didistribusikan melalui media online. Selamat Pekan Imunisasi Dunia tahun 2021 untuk menyongsong kehidupan bangsa Indonesia yang lebih baik paska pandemi.


Penulis: Naviatul Ilma 

Mahasiswa Semester VI Prodi DKV FSRD ISI Surakarta





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top