SMKN 1 Pracimantoro Sebagai SMK Center Of Excellence (COE) Bidang Hospitality

Print Friendly and PDF

Kepala SMKN 1 Pracimantoro, Putra Jaya saat kunjungan industri sekaligus jalin kerjasama dengan hotel Westlake & Resort Yogyakarta.


SMKN 1 Pracimantoro Sebagai SMK Center Of Excellence (COE) Bidang Hospitality

Wonogiri- majalahlarise.com -SMK Negeri 1 Pracimantoro sejak tahun 2020 memperoleh kepercayaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Republik Indonesia sebagai SMK Center Of Excellence (COE) bidang Hospitality yaitu program keahlian perhotelan dan tata boga. Harapannya sekolah mempunyai lulusan berstandar dunia usaha dan dunia industri. Guna mensukseskan pelaksanaan SMK Center Of Excellence seluruh perangkat pembelajaran, pengajar, kurikulum, sarana prasarana sesuai standar industri. Hal ini disampaikan kepala SMK Negeri 1 Pracimantoro, Putra Jaya belum lama ini terkait pelaksanaan COE di sekolah yang dipimpinnya.

"Guru kita magangkan ke industri untuk mendapatkan update ilmu terbaru. Selesai magang bapak ibu guru memiliki standarisasi industri baik dari segi potensi maupun segi budayanya serta mendapatkan sertifikat kompetensi industri yang nantinya ilmu itu akan disampaikan kepada anak-anak," terangnya.

Lebih lanjut, Putra Jaya mengatakan  sekolah juga mengundang guru tamu dari industri untuk melatih bapak dan ibu guru bersama siswa berupa pelatihan kompetensi standar industri minimal 50 jam per semester.


Baca juga: Dies Natalis ke-41 Unisri, UKM Wirausaha SMART Santuni Anak Yatim

"CEO ini sesuai harapan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi adanya perkawinan massal SMK dengan dunia usaha dan dunia industri menghasilkan lulusan yang benar-benar kompeten sesuai kebutuhan industri. Sehingga industri bisa menerima siswa lulusan dari sekolah kita," ungkapnya.

Dijelaskan pula, SMK yang dipimpinnya  sudah melakukan penandatanganan naskah kerjasama (MoU) dengan banyak dunia usaha dan dunia industri yang diistilahkan dengan pernikahan massal sebagai perwujudan dari COE untuk meraih sekolah pusat unggulan.

"Dari Direktorat Jenderal Vokasi berharap SMK COE bisa mengimbaskan di sekolah-sekolah sekitarnya paling tidak menjadi sekolah percontohan tentang program-programnya, kegiatannya, dan lulusannya. Tahun 2021 kita masih jalan terus dengan Direktorat untuk meraih sekolah pusat keunggulan. Dari COE kita tercukupi semua kebutuhan di peralatan maupun bidang pengembangan kompetensi dari bapak dan ibu guru," ujarnya.

Sementara itu, Ketua program keahlian Tata Boga, Mardatilla Popie Raharjo menyampaikan SMK Negeri 1 Pracimantoro sudah banyak melakukan peningkatan fasilitas sarana dan prasarana serta bekerjasama dengan industri dan berharap setelah lulus nanti siswa siswi dapat terserap di dunia kerja dengan kompetensi yang mereka miliki.

Waka kurikulum, Sularto menuturkan dampak yang diperoleh bagi SMK Negeri 1 Pracimantoro sebagai SMK COE menjadi sekolah rujukan dan pusat pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dari SMK sekitarnya serta fasilitas sudah terpenuhi. (Sofyan)


Baca juga: HIMAKOM FISIP Univet Bantara Gelar Diklat Calon Anggota Pengurus Tahun 2021


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top