SMK Veteran 1 Sukoharjo Selenggarakan Pernikahan Massal DUDI dan Perguruan Tinggi

Print Friendly and PDF

Para pimpinan dunia usaha dan industri (DUDI) saat berkunjung di stand pameran pruduk hasil karya siswa SMK Veteran 1 Sukoharjo.

SMK Veteran 1 Sukoharjo Selenggarakan Pernikahan Massal DUDI dan Perguruan Tinggi

Sukoharjo- majalahlarise.com -SMK Veteran 1 Sukoharjo menyelenggarakan pernikahan massal (link & match) berupa penandatanganan nota kesepahaman kerjasama (MoU) antara SMK Veteran 1 Sukoharjo dengan dunia usaha dunia industri (DUDI) dan perguruan tinggi  Bertempat di aula sekolah. Sabtu (10/4/2021).

Kepala SMK Veteran 1 Sukoharjo, Malkan Maliya, S.Pd dalam sambutan menyampaikan  pernikahan massal (link & match) dengan beberapa dunia usaha dan dunia industri serta perguruan tinggi Universitas Veteran Bangun Nusantara yang dilakukan oleh SMK Veteran 1 Sukoharjo dalam rangka menuju SMK pusat unggulan. Selain itu, sebagai tindaklanjut dari arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim yang berharap lima tahun mendatang SMK banyak diminati masyarakat dengan mempersiapkan diri menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri.

"Tahun 2021 SMK Veteran 1 Sukoharjo sebagai SMK pusat keunggulan dengan kompetensi keunggulan keahlian teknik pemesinan. Visi dari teknik pemesinan adalah menjadikan program keahlian teknik mesin yang menghasilkan lulusan yang unggul, bermutu, berkarakter, berbudaya kerja, yang berdaya saing di era global," paparnya.


Baca juga: Rangkaian Dies ke-41 Unisri Gelar Sertifikasi Kompetensi Pendamping Kewirausahaan

Lebih lanjut dikatakan, implementasi link and match DUDI dengan SMK yang dilaksanakan dalam waktu dekat antara lain sinkronisasi kurikulum bersama DUDI untuk penguatan aspek softskill dan karakter. Pembelajaran berbasis proyek, mendatangkan guru dan dosen tamu dari dunia usaha dan dunia industri, melaksanakan prakerin siswa minimal selama enam bulan, diklat asesor dan sertifikasi kompetensi guru.

"Pembelajaran berbasis proyek ini produk yang dihasilkan berupa produk pesanan dari industri dan UMKM yang membutuhkan rekayasa teknologi tepat guna untuk memudahkan proses produksi," ujarnya.

Terkait keterserapan lulusan di DUDI, Malkan Maliya menjelaskan lulusan yang bekerja ditargetkan 60% disektor industri, melanjutkan ke perguruan tinggi 20% dan berwirausaha 20%.


Baca juga: Peletakan Batu Pertama Pembangunan Teaching Factory SMK Veteran 1 Sukoharjo

"Sekolah memberikan pelatihan kepada para alumni yang masih menunggu untuk bekerja dengan memberikan ketrampilan lebih spesifik untuk modal wirausaha yang bisa menjual," ujarnya.

Sementara itu, Ketua YPPP Veteran Sukoharjo, Bambang Margono mengatakan menandatangan MoU dengan dunia usaha dan industri yang dijalin SMK Veteran 1 Sukoharjo merupakan industri yang sudah besar seperti Sritex dan lain sebagainya. Hal ini dalam rangka membekali siswa nantinya bisa dan mampu terjun ke dunia kerja lebih kompeten keahlian maupun karakter.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Jawa Tengah, Suyanta, S.Pd, M.Pd menyampaikan adanya kerjasama SMK dengan banyak dunia usaha dan dunia industri secara serentak yang diistilahkan perkawinan massal ini karena kedua belah pihak saling membutuhkan.


Baca juga: Empat Pelamar Lolos Seleksi Administrasi Calon Sekda Sukoharjo 

"Lulusan SMK Veteran 1 Sukoharjo masuk ke industri menjadikan industri semakin besar karena lulusannya punya kompetensi, dedikasi, karakter, kualitas kerja bagus. Kalau perusahaan maju penghasilan naik maka apa yang divisikan Presiden pak Jokowi SDM unggul Indonesia maju akan terwujud," paparnya.

Di tempat yang sama, Manager HRD PT. Samudra Plastik Andi Saputro menyambut positif kerjasama yang dijalin dengan SMK Veteran 1 Sukoharjo karena pihaknya tertolong ketika mencari tenaga kerja SMK bisa menyediakan tenaga kerja terampil sesuai spesifikasi yang dibutuhkan.

"Kebetulan dalam waktu dekat kita butuh 500 sampai 600 tenaga kerja. Kerjasama ini saling menguntungkan kita dapat tenaga kerja terampil dan pihak sekolah terserap lulusan siap kerja," terangnya di sela-sela mengunjungi pameran hasil karya siswa. (Sofyan)


Baca juga: Anggono Bayu Aji, Siswa SMKN 1 Pracimantoro Juara 3 Bidang Culinary LKS 2021 Provinsi Jawa Tengah



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top