Pagelaran Seni "Karya Muda Berdaya" Remaja Desa Tegalharjo Eromoko Live Streaming YouTube

Print Friendly and PDF

 

Pentas drama menceritakan warga dusun bedhol desa.

Pagelaran Seni "Karya Muda Berdaya" Remaja Desa Tegalharjo Eromoko Live Streaming YouTube

Wonogiri- majalahlarise.com -
Para remaja Desa Tegalharjo kecamatan Eromoko mengadakan Pagelaran Seni bertajuk "Karya Muda Berdaya" yang ditayangkan secara live streaming di channel YouTube milik desa Tegalharjo. Sabtu malam (10/4/2021).

Ketua panitia, Wahyu Dwi Utomo menyampaikan acara ini bertujuan sebagai ajang penyaluran bakat para remaja serta pemberdaya UMKM masyarakat melalui iklan yang ditayangkan selama live streaming berlangsung.

Pagelaran Seni ini dibuka dengan tarian Dolanan Blarak yang dilakukan oleh anak-anak di Desa Tegalharjo dilanjutkan dengan drama menarik  yang menceritakan tentang desa tenggelam.


Baca juga: SMK Veteran 1 Sukoharjo Selenggarakan Pernikahan Massal DUDI dan Perguruan Tinggi

"Drama ini diangkat dari kejadian bedol desa pada tahun 1980 ada 5 dusun di desa Tegalharjo yaitu dusun Pogelung, Dungrejo, Turirejo,  Nglaran, dan Minggar lor yang melakukan transmigrasi ke Bengkulu karena akan diadakannya pembangunan Waduk Gajah Mungkur," terangnya.

Setelah pementasan drama dilanjutkan pemutaran video wawancara dengan saksi mata kejadian bedol desa yaitu bapak Soekimin dan bapak Sukiyo sebagai bukti bahwa kejadian bedol desa memang benar terjadi dan bukan karangan semata.

Acara dilanjutkan sambutan Nur Rachmadi yang mewakili Camat Eromoko dan Heny Listyaningsih, S. E, S.Pd selaku Kepala Desa Tegalharjo.


Baca juga: Rangkaian Dies ke-41 Unisri Gelar Sertifikasi Kompetensi Pendamping Kewirausahaan

Memasuki acara inti penampilam pentas seni setiap dusun. Dusun Nglempung  menampilkan seni bela diri dengan perpaduan antara rebana dan sholawat yang membuat hati adem. Dusun Gabelan Lor yang menampilkan seni bela diri mengangkat tema persatuan yang dibungkus rapi dengan drama perpecahan yang kemudian dapat bersatu kembali.  Dusun Ngarakan menampilkan drama musikal dikemas melalui tarian dan drama yang campur sedemikian rupa sehingga menjadikan suatu pagelaran yang menarik, Dusun Ngarakan mengangkat tema  keberagaman dan toleransi. Dusun Gabelan Kidul menampilkan modern dance yang menambah kevariatifan petunjukan yang diselenggarakan masing masing dusun. Dusun Bolakrejo yang menampilkan musik kontemporer yaitu perpaduan antara musik perkusi, tarik, nyanyian, puisi yang dicampur sedemikian rupa hingga menjadikan suatu pertunjukan yang menarik. Dusun Tegalrejo menampilkan tarian nusantara yang mengambil dari beberapa ragam tarian yang ada di Indonesia.

Acara ditutup dengan pertunjukan beladiri yang diiringi musik gamelan oleh bapak-bapak pengrawit yang ada di Desa Tegalrejo, dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh 4 orang remaja dari Desa Tegalrejo serta penyanyian lagu Indonesia Pusaka secara bersama-sama.

"Live streaming yang diadakan sekitar 1 jam mulai dari jam 8 malam sampai jam 9 malam untuk melihat lebih jelasnya bisa langsung menonton di channel YouTube Desa Tegalharjo yaitu TEGALHARJO EROMOKO," ungkapnya. (Dina/Sofyan)


Baca juga: Peletakan Batu Pertama Pembangunan Teaching Factory SMK Veteran 1 Sukoharjo


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top