HIMAKOM FISIP Univet Bantara Gelar Diklat Calon Anggota Pengurus Tahun 2021

Print Friendly and PDF

 

Ketua pelaksana, Agundika (keempat dari kanan) sedang melakukan sambutan pada acara Diklat Calon Anggota Pengurus HIMAKOM beseta Ketua HIMAKOM, Munanda Okki (ketiga dari kanan) dengan dihadiri Dekan FISIP Joko Suryono M.Si (kedua dari kanan) dan Kaprodi Hariyanto S.Sos, M.I.Kom. (pojok kanan). (Foto: Dok HIMAKOM)


HIMAKOM FISIP Univet Bantara Gelar Diklat Calon Anggota Pengurus Tahun 2021

Sukoharjo- majalahlarise.com – Pengurus HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komunikasi) Prodi Ilmu Komunikasi FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) periode 2020/2021 menggelar acara Diklat Calon Anggota Pengurus (CAP), bertempat di Gedung D, Lantai 2 Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Acara ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti sebelum masuk ruangan diharuskan menggunakan hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak. Jumat (16/4/2021).

Acara Diklat CAP ini dihadiri oleh Dekan FISIP, Joko Suryono, M.Si sekaligus membuka acara beserta Kaprodi Hariyanto, S.Sos, M.I.Kom memberikan sambutan.

Ketua pelaksana Diklat CAP, Agundika mengatakan Diklat CAP ini merupakan acara yang diselenggarakan untuk melakukan pendidikan dasar bagi mahasiswa yang lolos seleksi open recruitment penerimaan anggota baru kepengurusan HIMAKOM periode 2021/2022. Sebanyak 10 orang calon anggota pengurus mengikuti Diklat CAP yang diselenggarakan mulai pukul 13.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Panitia dan peserta sedang mengikuti serangkaian acara Diklat Calon Anggota Pengurus HIMAKOM.

Baca juga: Empat Calon Sekda Sukoharjo Lulus Uji Kompetensi 

“Diklat CAP ini untuk memberi pendidikan, pelatihan organisasi secara mendalam ataupun gambaran untuk kawan-kawan nanti bisa terjun langsung ke dalam organisasi HIMAKOM itu sendiri. Yang paling penting dari acara ini adalah untuk menambahkan keakraban dari calon anggota pengurus dan pengurus HIMAKOM itu sendiri," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran mengenai keorganisasian tingkat dasar, kerjasama, menejemen organisasi sebelum naik ke tahap menengah ini menghadirkan pemateri pertama Rudi Agus Hartanto yang merupakan organisator di Univet Bantara menjadikan antusiasme tersendiri bagi peserta Diklat CAP.

Materi yang dipaparkan oleh pemateri pertama yaitu tentang keorganisasian yang meliputi materi kepemimpinan dan juga kerjasama. Pada sesi pemaparan terdapat sesi diskusi dengan memberikan studi kasus kepada peserta yang terbagi dalam dua kelompok untuk membuat penyelesaian masalah dari studi kasus tersebut. Pada sesi diskusi antara satu kelompok dengan kelompok lainnya melakukan debat, penguatan argumen, tanya jawab mengenai penyelesaian masalah yang disampaikan oleh masing-masing kelompok.


Baca juga: Ratusan Mainan Anak Perum Solo Elok, Mojosongo Donasikan Untuk Korban Bencana NTT

Antusiasme peserta terlihat pada sesi diskusi sehingga forum terlihat sangat aktif. Setelah sesi debat selesai maka pemateri memberikan tanggapan dan juga pandangan mengenai pemecahan masalah dari kedua kelompok tersebut.

Rudi Agus Hartanto selaku pemateri mengatakan bahwa dalam penyelesaian suatu masalah perlu dilakukan analisa permasalahan terlebih dahulu. Selain itu, Rudi juga menilai para peserta kurang menggaris bawahi masalah sehingga masih belum sesuai antara studi kasus yang diberikan dengan penyelesaian masalahnya.

Rudi memberikan tanggapannya mengenai penyelesaian masalah dengan memberikan analisa, pemetaan, strategi dan taktik dalam penyelesaian masalah disuatu himpunan.

Acara dilanjutkan dengan pemateri kedua, Munanda Okki yang membawakan materi ke-HIMAKOMan. Para peserta tidak kalah antusiasnya dalam mengikuti pemaparan materi sesi kedua ini. Berbagai pertanyaan dari peserta menambah semakin hidupnya sesi sharing session pada pemaparan materi ke-HIMAKOMan.


Baca juga: Dr. Siti Supeni Teliti Model Pengembangan Sekolah Ramah Anak Di Takengon Kabupaten Aceh Tengah

Munanda Okki yang juga Ketua umum HIMAKOM mengatakan setelah Diklat CAP ini diharapkan peserta yaitu calon anggota pengurus yang merupakan mahasiswa semester dua, telah mendapatkan bekal tentang keorganisasian dan kerjasama sebagai acuan untuk berjalan dalam mengikuti program kerja HIMAKOM kedepannya. Diharapkan nanti peserta yang mengikuti Diklat CAP bisa langsung turut andil dalam pelaksanaan program kerja HIMAKOM diperiode 2020/2021.

“Yang paling penting dari Diklat CAP ini adalah bagaimana kita bisa membangun chemistry dan suasana hangat antara mereka (calon anggota pengurus) dengan para pengurus disemester 4 dan 6. Karena nantinya ketika semester 6 sudah purna yang meneruskan juga mereka. Nah untuk itu tidak mungkin kita (pengurus 2020/2021) langsung mengajak bekerja tanpa ada satu momen titik untuk berkumpul. Diklat CAP ini menjadi satu titik penting untuk kita berkumpul bersama sebagai momen awal pijakan kita untuk kedepannya bekerja bersama dalam satu kepengurusan agar lebih enak dalam bekerja kalo sudah ada chemistry," jelasnya.

Acara Diklat CAP ini juga mengadakan acara buka puasa bersama antara pengurus HIMAKOM 2020/2021 dengan calon anggota pengurus yang baru. Setelah penutupan acara dilakukan foto bersama panitia dan peserta. (Dinda/Laili/Sofyan)


Baca juga: Kurangi Ketergantungan Beras, Penggunaan Bahan Pangan Lokal Perlu Digalakkan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top