Tingkatkan Perolehan Mahasiswa Baru, Tim PMB FKM Lakukan Koordinasi dengan TIM PMB Univet Bantara

Print Friendly and PDF

 

Tim PMB FKM saat berkoordinasi dengan Tim PMB Univet Bantara Sukoharjo.

Tingkatkan Perolehan Mahasiswa Baru, Tim PMB FKM Lakukan Koordinasi dengan TIM PMB Univet Bantara

Sukoharjo- majalahlarise.com -Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Univet Bantara Sukoharjo berkoordinasi dengan Tim PMB Univet Bantara Sukoharjo. Selasa (15/3/2021).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh MS. Khabibur Rahman, S.Pd., M.Si selaku ketua TIM PMB Univet Bantara Sukoharjo ini untuk memperlancar program PMB ditingkat Fakultas serta meningkatkan perolehan mahasiswa baru Tahun Akademi 2021/2022.

Ketua Tim PMB FKM Univet Bantara, Nur Ani, S.K.M., M.K.K.K menyampaikan Tim PMB FKM Univet Bantara telah terbentuk sejak tahun 2019 yang bertugas mengkoordinasikan kegiatan PMB ditingkat fakultas dan menfasilitasi kegiatan PMB ditingkat program studi. Tim PMB FKM Univet bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan PMB di tingkat fakultas selama masa 3 tahun kedepan. 


Baca juga: 393 Mahasiswa KKN Univet Periode II Tahun 2020/2021 Ditarik Dari Lokasi KKN

Dikatakan pula, program kerja tahun ini disusun berdasarkan koordinasi antara Tim PMB FKM, Dekanat, Kaprodi Kesmas, Kaprodi RMIK dan Ka TU FKM Univet Bantara. Beberapa program sama dengan program tahun sebelumnya namun ada beberapa program baru menyesuaikan kondisi sekarang. Hal baru juga bahwa pada program kerja tahun ini sebagai PIC lebih banyak diberikan kepada tendik fakultas untuk mensupport pelaksanaan Tim PMB FKM Univet Bantara. Selain itu, tahun ini program-program PMB akan berkolaborasi dengan tim PMB Univet Bantara, mahasiswa dan alumni.

“Harapannya program kerja yang telah disusun bersama dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan," jelasnya. 

Kaprodi Kesehatan Masyarakat Nine Elissa Maraharani, S.K.M., M.Kes. mengungkapkan sangat mendukung apa yang telah diprogramkan oleh Tim PMB FKM Univet Bantara dan Program Studi Kesehatan Masyarakat siap untuk ikut berperan aktif dalam melaksanakan program-program tersebut.


Baca juga: Dr. Farida Nugraheni, M.Hum Jabat Pjs Rektor Univet Bantara Sukoharjo

"Di Program Studi Kesehatan Masyarakat juga ada tim PMB tesendiri namun nanti siap untuk berkolaborasi dengan tim PMB FKM Univet Bantara. Harapan kami semoga ada peningkatan jumlah mahasiswa baru karena tahun kemarin prodi kami mengalami penurunan jumlah mahasiswa baru,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Rekam Medis dan Informatika Kesehatan Fahmi Hakam, S.K.M., M.P.H menyatakan hal yang sama bahwa prodi RMIK setuju dengan program-program tim PMB fakultas dan siap mendukung dan mesukseskannya. "Mohon dukungan dari Tim PMB Fakultas untuk prodi RMIK karena jumlah mahasiswa sejak berdiri tahun 2017 masih sedikit sehingga tahun ini harapannya dapat naik," harapnya.

Dalam koordinasi ini, ketua Tim PMB Univet Bantara Sukoharjo, MS. Khabibur Rahman, S.Pd., M.Si menyampaikan bahwa program-program tim PMB FKM Univet Bantara sangat bagus dan mewakili proker dari tim PMB Univet Bantara. Pihaknya menambahkan ada kegiatan talkshow bisa diambil dari 2 prodi agar konten yang ditayangkan lebih banyak, perlu ditambahkan Instagram ads untuk iklan meski membutuhkan dana lebih tapi dapat membidik sasaran sesuai target. Kegiatan yang dapat disinergikan dengan tim PMB Univet Bantara yaitu kegiatan tayang di TV.


Baca juga: Puncak Dies Natalis ke-53 Tahun Univet Bantara, Iringi Masa Akhir Jabatan Rektor Prof. Dr. Ali Mursyid WM

“Cetak brosur sebaiknya tidak menjadi prioritas tetapi perbanyak promosi via online karena target promosi adalah anak-anak milenial sehingga dapat menggunakan media sosial seperti youtube, Instagram yang nanti titik akhirnya diarahkan pada website PMB Universitas”, sarannya.  

Hal senada dikatakan, Wadek FKM Univet Bantara, Wartini, S.K.M., M.Sc. bahwa dalam rangka kesuksesan pelaksanaan PMB fakultas maka perlu adanya dukungan dana sehingga proker yang telah dibuat dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. "Fakultas siap mensupport pendanaan PMB jika nanti masih ada kekurangan dana dari APBU yang telah disediakan," ucapnya.

Sesi terakhir dari koordinasi ini ditutup dengan penjelasan dari Dekan FKM Univet Bantara, Titik Haryanti, S.K.M., M.P.H yang menyampaikan bahwa tim PMB menjadi ujung tombak dalam perolehan jumlah mahasiswa di masing-masing program studi untuk itu perlu untuk direncanakan proker yang sebaik-baiknya. Sebagai bentuk keseriusan fakultas dalam perolehan jumlah mahasiswa maka tim PMB fakultas dibentuk dalam rangka menfasilitasi dan mengkoordinir pelaksanaan kegiatan PMB ditingkat fakultas dan program studi. Prodi Kesmas telah mencapai akreditasi B sehingga memberikan semangat baru untuk promosi dengan semua strategi yang telah diagendakan, namun demikian perlu juga untuk mensupport prodi RMIK agar mendapatkan mahasiswa mendekati perolehan mahasiswa di Prodi Kesmas.

“Dalam rangka peningkatan perolehan jumlah mahasiswa baru tahun 2021/2022 maka tim PMB FKM Univet Bantara harus disupport oleh semua civitas akademika bukan hanya dosen, tendik namun juga mahasiswa dan alumni”, sarannya. (Sofyan)

Sofyan (Alumni Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Sukoharjo)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top