Prodi Rekam Medis Univet, Selenggarakan Try Out Uji Kompetensi Perekam Medis Berbasis CBT Patuhi Protokol Kesehatan

Print Friendly and PDF

 

Peserta saat mengikuti try out uji kompetensi Peremam Medis Berbasis CBT.

Prodi Rekam Medis Univet, Selenggarakan Try Out Uji Kompetensi Perekam Medis Berbasis CBT Patuhi Protokol Kesehatan

Sukoharjo- majalahlarise.com- Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Bangun Nusantara (Univet Bantara) kembali menyelenggarakan Try Out Uji Kompetensi (UKOM) Profesi Rekam Medis. Sabtu (27/3/2021).

Ketua Panitia Arifatun Nisaa, SKM., M.P.H menerangkan Try out ini diselenggarakan atas kerja sama antara Asosisasi Perguruan Tinggi Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (APTIRMIKI) dengan Prodi RMIK Univet Bantara. Aturan teknis terkait pelaksanaan UKOM mahasiswa bidang kesehatan memang sudah diatur dalam Permenristekdikti RI No.12 Tahun 2016 sebagai turunan dari UU No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan. Oleh karena itu, APTIRMIKI menyelenggarakan Try Out UKOM tahun 2021 ini sebagai salah satu persiapan mengikuti UKOM Nasional melalui skema exit exam.

"Try Out UKOM dilaksanakan dengan System Computer Based Test (CBT) dengan jumlah 180 butir soal dalam 180 menit. Prodi RMIK Univet Bantara melaksanakan Try Out UKOM di Laboratorium Komputer Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Laboratorium komputer Universitas, dengan jumlah peserta mencapai 30 orang yang meliputi 22 mahasiswa semester VI, 6 alumni dan 2 peserta dari luar institusi," terangnya.


Baca juga: Pelepasan Wisudawan Maret 2021 FISIP Univet Bantara Sukoharjo

Lebih lanjut dikatakan, hari sebelumnya, pada H-1 pelaksanaan kegiatan yaitu Jum'at 26 Maret 2021 pukul 13.00 WIB - selesai, para peserta TOUKOM diberikan pembekalan terkait apa saja yang harus disiapkan dan dipatuhi selama pelaksanaan kegiatan TOUKOM via zoom meeting, terutama berkaitan alur prosedur kedatangan peserta ke lokasi TO UKOM serta kewajiban peserta menggunakan  masker, faceshield dan handscoon.

"Try Out UKOM yang dilaksanakan di Universitas Veteran Bangun Nusantara hanya 1 sesi  pada Sabtu 27 Maret 2021 pukul 09.00-12.00 WIB. Tempat pelaksanaan TOUKOM dibagi menjadi 3 ruang ujian untuk tetap menjaga protokol kesehatan peserta dan pengawas," ungkapnya.

Jelaskan pula, setiap ruang ujian hanya diisi 50% dari total kapasitas Ruangan dan tempat duduk yang sudah diatur sedemikian rupa oleh panitia agar tetap menjaga protokol kesehatan salah satunya menjaga jarak antar peserta selama pelaksanaan kegiatan.

“Kami sangat senang karena dalam pelaksanaan Try Out UKOM ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. Mahasiswa sangat antusias, Fakultas juga memfasilitasi kami dengan baik, Kaprodi, seluruh Dosen dan Tendik RMIK juga sangat support. Jadi, tujuan kami untuk menyediakan lulusan siap bersaing di dunia kerja bisa terfasilitasi," jelasnya. (Sofyan)


Baca juga: Penggunaan Otomatisasi Referensi Mendeley, Maksimalkan Penulisan Skripsi Mahasiswa FISIP Univet Bantara



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top