Prodi D3 Farmasi Poltekkes Bhakti Mulia Gelar Kuliah Tamu

Print Friendly and PDF

 

Kuliah tamu prodi D3 Farmasi Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo.

Prodi D3 Farmasi Poltekkes Bhakti Mulia Gelar Kuliah Tamu

Sukoharjo- majalahlarise.com -Program Studi D3 Farmasi Poltekes Bakti Mulia Sukoharjo menggelar kuliah tamu dengan menghadirkan pembicara Dosen dan peneliti apt. Maywan Hariono, Ph.D, Sabtu lalu (13/3/2021).

Ketua Program Studi D3 Farmasi: Susi Endrawati, S.T.,M.Pd dalam sambutan menyampaikan kuliah tamu ini dalam rangka Milad Poltekkes Bhakti Mulia ke-21 tahun mengambil tema kuliah tamu: Strategi dan Kiat Ide penelitian Mahasiswa dimasa Pandemi Covid-19.

"Kuliah tamu adalah kegiatan rutin program studi yang dilakukan setiap tahun. Adapun tujuan dari pelaksanaan kuliah tamu tersebut, untuk sharing dari narasumber/pakar ilmu penetahuan dan IPTEK dari instansi atau institusi lain untuk menambah wacana ilmu pengetahuan," jelasnya.


Baca juga: SMPN 8 Surakarta Sosialisasi SRA Bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Lebih lanjut dikatakan, apt Maywan Hariono ikut andil juga dalam peran aktif mengajar di Akademi Farmasi Bhakti Mulia pada tahun (2004-2006). Kemudian beliau menajar di STIFAR (2006-2008), menjadi dosen di Universitas Kuala Lumpur Malaysia (2009-2011) dan sekarang mengajar di Universitas Sanata Dharma Jogyakarta.

"Tema tersebut diambil, karena kendala - kendala penelitian yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa ditengah pandemi Covid-19 saat ini, dalam bidang  penelitian ekperimen, maupun  penelitian komunitas," terangnya.

Menurutnya topik –topik penelitian di bidang farmasi dalam kondisi pandemi saat ini yaitu kurang melibatkan kumpulan orang, bisa dikerjakan secara onlinedari rumah, bisa dikerjakan secara offline di rumah, tidak makan biaya mahal, melibatkan kerja laboratorium atau publik boleh, namun dengan prokes yang ketat, yang paling sesuai adalah jenis-jenis penelitian yang memanfaatkan aplikasi komputer atau  software.

"Selain Studi in vitro  dan in vivo dikenal juga studi in silico. Studi in silico merupakan studi atau experimn dengan menggunakan perangkat keras dan lunak komputer. Dalam bidang Farmasi, studi in silico kerap digunakan untuk memprediksi sifat fisiko-kimia dan aktivitas farmakologi  suatu obat dengan simulasi komputasi," (Sofyan)


Baca juga: Guru SD Muhammadiyah PK Kottabarat Ikuti Lokakarya Penulisan Buku


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top