Penggunaan Otomatisasi Referensi Mendeley, Maksimalkan Penulisan Skripsi Mahasiswa FISIP Univet Bantara

Print Friendly and PDF

 

Mahasiswa studi akhir prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara saat mengikuti penjelasan penggunaan aplikasi Mendeley dari Drs. Joko Suryono, M.Si.

Penggunaan Otomatisasi Referensi Mendeley, Maksimalkan Penulisan Skripsi Mahasiswa FISIP Univet Bantara

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa studi akhir kelas A program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengikuti workshop otomatisasi referensi Mendeley. Selaku pembicara workshop, Drs. Joko Suryono, M.Si (Dosen dan Dekan FISIP Univet Bantara Sukoharjo). Bertempat di ruang kuliah I Gedung FISIP lantai 2. Kamis (25/3/2021).

Dekan FISIP Univet, Drs. Joko Suryono, M.Si menyampaikan tujuan diselenggarakan workshop ini untuk memacu dan memicu mahasiswa semester akhir agar lulus tepat waktu pada semester delapan dibulan Agustus. Walaupun wisuda pada bulan Oktober 2021. Harapannya mahasiswa di semester sembilan sudah lulus semua tidak ada yang tertinggal.

"Untuk mencapainya perlu adanya tahapan-tahapan. Kegiatan workshop ini salah satu tahapan proses yang dilakukan program studi untuk menyelesaikan tugas akhir atau skripsi," terangnya.


Baca juga: Prodi HI Unisri Gandeng Unsoed Gelar Kuliah Bersama Gender dan Politik 

Lebih lanjut dikatakan, para dosen selalu mendorong dan memacu mahasiswa studi akhir untuk segera lulus dengan pendampingan oleh pembimbing skripsi dan pendampingan melalui otomatisasi referensi agar mahasiswa mudah menemukan referensi sesuai skripsi yang dikerjakan.

"Target pertemuan hari ini adalah mahasiswa akhir bisa menggunakan aplikasi Mendeley untuk pencarian referensi dan membuat skripsi bab satu berupa latar belakang masalah sampai rumusan masalah secara bersama-sama," ujarnya.

Dijelaskan Joko Suryono, dalam mencari referensi menggunakan Mendeley harus ditentukan terlebih dahulu judul skripsi, topik, variabel untuk mendukung pencarian referensi.


Baca juga: BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan Akreditasi PPG Univet Bantara Sukoharjo

"Lewat Mendeley mudah sekali mencari referensi hanya mengetik kata-kata yang diinginkan. Misalnya mengetik marketing communication akan muncul berbagai judul referensi artikel yang terkait marketing communication. Kita bisa menggunakannya sebagai referensi karena sudah lengkap sesuai daftar pustaka," paparnya.

Di tempat yang sama, Kaprodi Ilmu Komunikasi, Haryanto, S.Sos, M.IKom mengatakan workshop ini diadakan dua kali. Hari ini diikuti mahasiswa akhir kelas A sedangkan besok Sabtu untuk mahasiswa akhir kelas B.

"Kami berharap mahasiswa akhir prodi Ilmu Komunikasi FISIP cepat lulus dan tidak tertunda kelulusannya dikarenakan terhambat proses skripsi. Untuk wisuda bulan Maret 2021 kemarin ada peningkatan jumlah mahasiswa yang di wisuda berjumlah 19 mahasiswa. Sampai saat ini sudah ada tujuh mahasiswa yang lulus skripsi. Mudah-mudahan pada Wisuda bulan Oktober 2021 ada peningkatan jumlah mahasiswa FISIP yang diwisuda," harapnya.

Workshop ini diselenggarakan secara tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Peserta harus cuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak tempat duduk, tidak berjabat tangan, mengecekan suhu tubuh ketika masuk lokasi kampus, serta jumlah peserta terbatas. (Sofyan)

LARISE TV





Baca juga: Unisri Gelar Pembukaan Dies Natalis ke-41 Tahun



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top