KSPPS KOSSUMA CITA MANDIRI Sukoharjo Selenggarakan Webinar "Peran Perempuan Dalam Mengelola Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi"

Print Friendly and PDF

 

Pelaksanaan Webinar yang bertema “Peran perempuan dalam mengelola ekonomi keluarga di masa pandemi” melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.


KSPPS KOSSUMA CITA MANDIRI Sukoharjo Selenggarakan Webinar "Peran Perempuan Dalam Mengelola Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi"


Sukoharjo- majalahlarise.com -Sebagai rangkaian kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020 Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) KOSSUMA Cita Mandiri Sukoharjo menyelenggarakan webinar dengan tema “Peran Perempuan dalam Mengelola Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi” melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Minggu (14/3/2021).

Kegiatan ini menghadirkan nara sumber Dra. Hj. Siti Faizah selaku Direktur PT Salimah Prakarsa Cemerlang Jakarta yang dihadiri oleh 120 orang baik dari pengawas, pengurus, anggota, tamu undangan dan peserta dari wilayah Kabupaten Sukoharjo, semua propinsi di Jawa dan beberapa dari luar Jawa (Kaltim, Sumsel, Sulsel, Lampung dan Bangka Belitung).

Ketua pengurus KSPPS Kossuma Cita Mandiri Sukoharjo, Dra. Sri Zulaifah dalam rilis menyampaikan rangkaian kegiatan RAT diawali dengan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban oleh ketua pengurus melalui laporan tertulis, pengambilan SHU anggota koperasi, dan webinar. RAT tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, mengingat kondisi masih dalam masa pandemi, diupayakan semua kegiatan tetap dalam protokol Kesehatan, mengurangi kegiatan yang bersifat penumpukan massa.


Baca juga: Puncak Dies Natalis ke-53 Tahun Univet Bantara, Iringi Masa Akhir Jabatan Rektor Prof. Dr. Ali Mursyid WM

Sebagai Lembaga kelengkapan ormas Salimah, KSPPS Kossuma Cita Sukoharjo, didukung oleh anggota ormas Salimah dan masyarakat Sukoharjo berupaya untuk ikut berperan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan perkoperasian, dengan visi “Menjadi lembaga keuangan mikro syari’ah yang amanah, peduli dan professional “. Koperasi sebagai Lembaga ekonomi mikro diharapkan bisa ikut berupaya memperkuat kondisi ekonomi masyarakat .

“Harapannya dengan kemudahan layanan yang diberikan, bagi hasil yang menarik untuk para penabung, dan berbagai bentuk kerjasama untuk para pelaku usaha, diharapkan makin banyak masyarakat yang ikut merasakan kemanfaatan menjadi anggota koperasi,” jelasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kabupaten Sukoharjo yang berkenan hadir dalam kegiatan webinar ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa KSPPS Kossuma Cita Mandiri termasuk koperasi yang mampu bertahan di masa pandemi terbukti adanya peningkatan pendapatan dan sisa hasil usaha yang diberikan untuk para anggota.


Baca juga: Rektor Univet Lepas 85 Wisudawan Program Pascasarjana MPBI

"Di masa yang akan datang koperasi harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dalam pelayanan, sehingga para anggota semakin mendapatkan kemudahan untuk mengakses layanan koperasi," ungkapnya.

Sementara itu, Dra Hj. Siti Faizah nara sumber dalam acara ini mengungkapkan kondisi pandemi mengakibatkan dampak yang luar biasa di berbagai sisi kehidupan. Dalam bidang ekonomi, banyak usaha yang terpuruk, pendapatan keluarga menurun, namun tidak berarti masyarakat harus berputus asa dengan keadaan.

“Kita harus punya optimisme, dan terus berikhtiar untuk bangkit mencari solusi. Dengan adanya kerjasama yang baik antar anggota keluarga dan masyarakat, tetap memberikan hak-hak orang lain, seimbang dan trampil dalam mengelola keuangan, senantiasa dipenuhi dengan rasa syukur, maka diharapkan keluarga bisa terus bertahan dan kokoh sejahtera dalam masa pandemi,” terangnya.

Selain melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting peserta juga sebelumnya telah bergabung dalam group Whatsapp sebanyak 176 orang. Group ini dibuat untuk memudahkan dalam koordinasi pelaksanaan webinar, saling memperkenalkan diri dan menyampaikan jawaban pertanyaan yang belum terjawab disesi webinar. Selain itu, peserta menyampaikan bahwa meraka mendapatkan banyak ilmu terkait tentang pengelolaan perekonomian keluarga dimasa pandemi dan tentang koperasi syri’ah yang disampaikan baik melalui chat webinar maupun di group whatsapp. (Julian)






Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top