Family Gathering FISIP Univet Bantara Akrabkan Mahasiswa Lintas Angkatan

Print Friendly and PDF

 

Dekan FISIP Univet Bantara Sukoharjo, Drs. Joko Suryono, M.Si saat memaparkan materi tentang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik secara daring.

Family Gathering FISIP Univet Bantara Akrabkan Mahasiswa Lintas Angkatan

Sukoharjo- majalahlarise.com - Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk Family Gathering diikuti mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 beserta mahasiswa lintas angkatan secara daring melalui aplikasi zoom. Sabtu (20/3/2021).

Dekan FISIP Univet Bantara, Drs. Joko Suryono, M.Si saat ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan family gathering merupakan wahana pengakraban bagi tiap angkatan mahasiswa dengan konsep pengenalan dari mahasiswa senior kepada mahasiswa baru.

"Dalam family gathering ini diadakan pengenalan fakultas, program studi, kurikulum, sarana dan prasarana, dosen, laboratorium, pengenalan pembelajaran perkuliahan," terangnya.


Baca juga: Karya Unggulan Mahasiswa Angkatan 2018 DKV ISI Surakarta Pamer di Rumah Kabudayan nDalem Joyokoesoeman Surakarta

Lebih lanjut dijelaskan, terkait dosen di prodi Ilmu Komunikasi sebagian besar dosen senior. Dalam pengajarannya selalu menyelenggarakan berbagai workshop dan kuliah pakar menghadirkan para pakar atau ahli dalam bidang tertentu berkaitan bidang komunikasi misalnya tentang ilmu jurnalistik, fotografi, periklanan, public relation.

"Hal yang menarik setiap workshop, hasil karya mahasiswa kita lombakan untuk memberikan apresiasi karya mahasiswa berbentuk hadiah sebagai penyemangat mahasiswa yang sudah menghasilkan karya fotografi, video grafi, karya audio radio," ujarnya.

Dikatakan pula, pihaknya selalu memacu mahasiswa untuk bisa kenal satu sama lain menjadi saudara melalui kegiatan kemahasiswaan tergabung dalam komunitas yang dikoordinasi oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi. Ada komunitas Univet Pos, komunitas fotografi, komunitas televisi, komunitas desain grafis, komunitas radio Give.


Baca juga: Prodi PPKn Univet Bantara Gelar Kuliah Tamu, Penguatan Profesionalisme Guru PPKn di Masa Pandemi Covid-19

"Adanya mahasiswa berkumpul dan berorganisasi melakukan aktivitas memunculkan persaudaraan, kekeluargaan atau family. Ini yang kita kenalkan pada mahasiswa semester dua agar mengenal dan menjadi keluarga besar prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik," tuturnya.

Terkait dengan pengembangan sumber daya manusia yang dihasilkan oleh prodi Ilmu Komunikasi, Joko Suryono mengatakan mahasiswa dalam proses perkuliahan tidak hanya dibekali konsep dan teori tetapi diberi bekal softskill atau keterampilan keahlian dibidang tertentu dalam hal ini bidang komunikasi.

"Komunikasi tidak hanya ilmu jurnalistik tetapi ilmu komunikasi menyangkut mindsite, sikap mental dan softskill melalui pembelajaran sosial. Sehingga mahasiswa memiliki kemampuan bernegosiasi, kemampuan berani ditolak, kemampuan mengendalikan dan mengelola frustasi untuk dapat bangkit  meraih keberhasilan. Ini pembelajaran yang tidak diperoleh hanya lewat daring tapi benar-benar pembelajaran di lapangan," paparnya. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top