Mahasiswa KKN UNS Tetap Patuhi Protokol Saat Sosialisasi Branding Produk Tanaman Hias

Print Friendly and PDF

 

Mahasiswa KKN UNS saat gelar acara Sosialisasi Branding Produk Tanaman Hias di Balai Kelurahan Baran, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, 

Mahasiswa KKN UNS Tetap Patuhi Protokol Saat Sosialisasi Branding Produk Tanaman Hias

Semarang- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN UNS gelar acara Sosialisasi Branding Produk Tanaman Hias di Balai Kelurahan Baran, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (13/02/2021). Acara Sosialisasi Branding Produk dilakukan atas dasar pengamatan mahasiswa yang melihat adanya pelaku usaha tanaman hias di Kelurahan Baran.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Tim Mahasiswa KKN UNS Kelompok 43 tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan 3M yakni dengan mencuci tangan sebelum masuk ruangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk kewajiban memenuhi anjuran dari pemerintah sekaligus pencegahan penularan Covid-19.

Pandemi Covid-19 telah memberi dampak di berbagai bidang termasuk pelaku usaha. Salah satu dampaknya cukup dirasakan oleh pelaku usaha tanaman hias yang belum memahami cara branding produk dan teknik penjualan secara online melalui market place.


Baca juga: Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Video Pendek

Melalui kegiatan Sosialisasi Branding Produk Tanaman Hias ini Mahasiswa dari Tim KKN UNS akan menyampaikan materi terkait branding produk tanaman hias. Materi yang disampaikan di antaranya adalah cara pemasaran produk melalui market place, pembuatan logo, dan teknik pengemasan tanaman hias sebelum dikirim ke pembeli.

Sebelum sesi penyampaian materi berlangsung, Dr. Ir. Yudi Rinanto, M.P. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kegiatan KKN UNS memberikan saran, “Dalam penyampaian materi perlu dipraktikkan secara real time dengan menggunakan koneksi internet.”

Dari hasil dialog antara Dr. Ir. Yudi Rinanto, M.P. dengan peserta sosialisasi terdapat pelaku usaha yang masih menggunakan teknik jual beli secara langsung, namun ada pula yang menggunakan media sosial seperti Facebook maupun Whatsapp.

Harapan dari kegiatan Sosialisasi Branding Produk Tanaman Hias di Kelurahan Baran, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang disampaikan oleh Ketua Kelompok KKN UNS 43. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat membantu pelaku usaha tanaman hias dalam mengenalkan produknya ke masyarakat. Meningkatkan daya jual dan perekonomian pelaku usaha di masa pandemi Covid-19.

"Kegiatan branding produk tanaman hias ini juga menjadi salah satu upaya agar masyarakat dapat membeli dan merawat tanaman hias untuk mengurangi aktivitas di luar rumah," ujar Adimas Rosi. (Sofyan)


Baca juga: Fakultas Pertanian UNISRI Jalin Kerjasama dengan Pemuda Tani HKTI Jateng


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top