Mahasiswa KKN UNS Gelar Pelatihan Shibori untuk Pemuda Karangtaruna Dusun Jatibedug, Wonogiri

Print Friendly and PDF

 

Kelompok KKN UNS Desa Purworejo saat memberikan pelatihan pembuatan shibori (batik jumput).

Mahasiswa KKN UNS Gelar Pelatihan Shibori untuk Pemuda Karangtaruna Dusun Jatibedug, Wonogiri

Wonogiri- majalahlarise.com -Pelatihan shibori (batik jumputan) diselenggarakan oleh kelompok KKN UNS Desa Purworejo. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Purworejo, Perangkat Desa Purworejo, Pengurus BUMDES (Badan Usaha Milik Desa), serta DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) di Wisata Pemancingan Jatimas, Dusun Jatibedug.  Sabtu (20/2/2021).

Kegiatan berlangsung dua sesi, yakni presentasi program kerja yang telah terlaksana, penyerahan alat cuci tangan injak sekaligus pelepasan mahasiswa dari lokasi KKN dan pelatihan atau workshop shibori.

Kepala Desa Purworejo, Hartono, S.H. mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah melaksanakan program di Desa Purworejo selama kurang lebih 45 hari.


Baca juga: Perda Baru Jateng Tentang Pelaksanaan Pemenuhan Hak Difabel Harus Sesuai Aspirasi Difabel Se-Jateng

"Selama saya menjabat Kades baru kali ini ada mahasiswa UNS yang KKN di desa saya. Mahasiswa juga telah melaksanakan berbagai program di Desa saya yang bermanfaat," paparnya saat menyampaikan sambutan.

Pemateri sesi pelatihan shibori, Rachmi menyampaikan rasa senangnya bisa berbagi ilmu tentang shibori. "Menyenangkan karena bisa sharing tentang perjalanan usahaku, sekalian praktik langsung. Semoga bisa menginspirasi teman-teman untuk berkarya dan usaha," terang mahasiswi Teknik Industri.

Pelatihan atau workshop shibori berlangsung dengan dua acara, yakni materi dan praktik pembuatan shibori. Peserta yang merupakan pemuda Karang Taruna antusias mengikut pelatihan shibori. Masing-masing mereka mendapatkan kain putih yang telah disiapkan panitia untuk kemudian diikat dengan karet. Setelah itu, dicelup pada larutan pengikat dan pewarna. Total tamu undangan dan peserta kurang lebih 25 orang.


Baca juga: Fakultas Ekonomi Univet Bantara Menggelar Workshop “Smartphone Videografi” Via Online

Salah satu peserta, Putra yang juga Pemuda Karang Tarun menyampaikan, pelatihannya seru, ke depan mungkin bisa praktik di kaos agar dapat dipakai secara langsung.

Acara selesai pukul 12.00 WIB. Terselenggaranya acara tersebut turut menandai selesainya pula kegiatan KKN Desa Purworejo oleh mahasiswa UNS. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top