Guru SMPN 9 Surakarta Ikuti Bimtek AKM

Print Friendly and PDF

 

Guru SMPN 9 Surakarta saat mengikuti Bimtek AKM

Guru SMPN 9 Surakarta Ikuti Bimtek AKM

Solo- majalahlarise.com -Guru SMP Negeri 9 Surakarta mengikuti Bimtek (bimbingan teknik) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kegiatan ini dalam rangka persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang menyelenggarakan program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Rabu (3/2/2021) di sekolah setempat.

Kepala SMP Negeri  9 Surakarta, Diah Pitaloka Handriani, S.Pd, M.Pd dalam rilis menyampaikan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu bagian penting dari Asesmen Nasional yang dirancang untuk mengukur capaian Peserta Didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi.

"Kami merasa senang karena melihat semangat Guru untuk mengikuti Bimtek Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Guru SMP Negeri 9 Surakarta yang berjumlah  51 (lima puluh satu) orang ini sudah mulai mendaftar melalui laman http://gurubelajar.kemdikbud.go.id. Peserta yang boleh mendaftar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)  adalah Guru / Kepala Sekolah / Pengawas SD, SMP, SMA, SMK dan PKBM sederajat," ungkapnya.


Baca juga: Tim SMP Muhammadiyah PK Juara Satu Nasional OPTIKA

Lebih lanjut dikatakan, pemandu Bimtek AKM selain kepala sekolah adalah dua orang guru yaitu Johan Pratama, S.Pd dan Siti Maryani, S.Pd. karena yang bersangkutan sudah melaksanakan Bimtek AKM lebih dulu. Kegiatan ini sekaligus  sebagai bentuk pengimbasan untuk mendapatkan Piagam.

"Manfaat mengikuti Bimtek ini antara lain, meningkatkan kompetensi Guru, belajar AKM menjadi lebih mudah, mendapatkan sertifikat Bimtek 32 jam, bagi Guru Honor akan lebih mudah diterima / lolos PPPK. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sudah membuka jadwal pendaftaran Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mulai hari Selasa, tanggal 22 Desember 2020 - 23 Februari 2021," jelasnya.

Ditambahkannya, Pendaftaran Bimtek yang akan diikuti program pelaksanaannya berdasarkan tahapan  angkatan 1 dan angkatan 2. Yang mulanya angkatan 1 diawali  tanggal 1 – 5 Januari diubah menjadi tanggal 4 Januari 2021, hal ini karena libur Semesteran dan Semester Genap diawali pada tanggal 4 Januari 2021. Sedangkan angkatan 2 dimulai tanggal 9 – 13 Januari 2021. Bimtek ini nantinya akan berakhir pada angkatan 11 yaitu tanggal 23 – 27 Februari 2021. Setelah menyelesaikan Tahap 1 Bimtek dengan nilai minimal 70 dilanjutkan dengan tahap 2 yaitu Pengimbasan. Pengimbasan untuk semua angkatan akan dilakukan pada tanggal 9 Januari – 24 Februari 2021.

"Harapannya jika nanti AKM sudah digunakan kurikulum mau diganti atau tidak, Guru tetap menjadi sutradara di kelas yang bisa mengantarkan pembelajaran menuju kearah tersebut. Semoga bermanfaat bagi Guru yang akan mendaftarkan diri mengikuti Bimtek ini. Semangat untuk Guru!" harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Poster Karya Mahasiswa FBI UNS Juara 2 Tingkat Nasional


1 komentar:

  1. Alhamdulillah...masyaallah guru hebat tetap semangat. Baarakallahufiik

    BalasHapus


Top