UNS Tandatangani Perjanjian Kerjasama Bidang Nuklir dengan ThorCon International, Pte Ltd

Print Friendly and PDF

 

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan ThorCon International, Pte Ltd secara daring melalui Zoom Cloud Meeting.

UNS Tandatangani Perjanjian Kerjasama Bidang Nuklir dengan ThorCon International, Pte Ltd

Solo- majalahlarise.com -Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan ThorCon International, Pte Ltd secara daring melalui Zoom Cloud Meeting. Naskah Perjanjian Kerja Sama ditandatangani Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Dra Okid Parama Astirin, MSi dan Kepala Perwakilan Perusahaan Asing ThorCon International, Pte Ltd, Bob Soelaiman Effendi. Kamis (7/1/2021).

Perjanjian Kerja Sama antara keduanya menyangkut kajian dan Survei Pemetaan Penerimaan Masyarakat atas Rencana Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dan Kajian Akademik Nuklir sebagai Solusi dari Energi Ramah Lingkungan yang Berkelanjutan untuk Mengejar Indonesia Sejahtera dan Rendah Karbon pada Tahun 2050. Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara UNS dengan ThorCon International, Pt Ltd pada Agustus 2020 lalu.

Hadir secara daring Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof Kuncoro Diharjo, Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNS, Prof Sajidan. Di hadapan pimpinan universitas dan perwakilan ThorCon International, Pte. Ltd, Prof Sajidan mewakili Prof Jamal mengucapkan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini.


Baca juga: Kapolda Jateng Resmikan Masjid Polres Wonogiri dan Apartemen Sanika Satyawada Polres Sragen

“Hari ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara ThorCon International, Pte Ltd dengan UNS yang ditandatangani oleh Rektor UNS dan Pak Bob dalam implementasinya berupa kegiatan kajian dan pemetaan pemetaan penerimaan masyarakat atas rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir,” ujar Prof Sajidan.

Ia mengatakan kegiatan ini sudah direncanakan sejak lama dan sudah disusun model dan proposal sesuai dengan termin waktu yang disepakati oleh UNS dengan ThorCon International, Pte Ltd.

“Kami berharap kegiatan ini melibatkan banyak peneliti termasuk kerja sama UNS dengan Universitas Bangka Belitung (UBB). Jadi, ini juga adalah kerja sama U-to-U antara UNS dengan UBB dalam hal ini LPPM UBB dengan LPPM UNS," harapnya.


Baca juga: SMPN 2 Manyaran Rayakan HUT ke-22 Tahun Secara Sederhana

Sementara itu, Bob Soelaiman Effendi mengatakan Perjanjian Kerja Sama ini merupakan tonggak sejarah baru bagi dunia pernukliran Indonesia. Hal tersebut dikarenakan untuk pertama kalinya pemerintah melalui Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) RI memberikan rekomendasi kepada perusahaan swasta.

“Kegiatan penerimaan masyarakat ini adalah suatu rekomendasi yang diminta Kemenko Marves pada September 2020. Dan, kami menerima rekomendasi untuk melakukan persiapan implementasi,” ucap Bob.

Selanjutnya, ThorCon International, Pte Ltd yang menerima rekomendasi penerimaan masyarakat akan meminta UNS untuk mengkaji dan melakukan survei akademik terhadap rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) sebagai sumber energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. (Por/Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top