METODE PEMBELAJARAN BAGI GURU PADA MASA PANDEMI

Print Friendly and PDF


METODE PEMBELAJARAN BAGI GURU PADA MASA PANDEMI

Oleh: Endang Murtiningsih, S.Pd.

Guru SDN 2 Gambiranom, Baturetno Wonogiri Jawa Tengah

Endang Murtiningsih, S.Pd.


       Sejak kemunculan virus corona yang mulai terdeteksi pertama kali pada awal Desember 2019 di kota Wuhan atau disebut dengan COVID-19, jenis virus yang menyerang pada saluran pernapasan, virus corona menjadi berita hangat di seluruh dunia dan mendadak menjadi teror yang mengerikan bagi masyarakat di dunia, tak terkecuali negara Indonesia. 

       Banyak sektor dari kehidupan ini yang terkena imbas Covid-19 atau dikenal dengan virus corona, tak terkecuali di sektor pendidikan yang tidak bisa melaksanakan pembelajaran dengan tatap muka karena dikhawatirkan terjadi klaster penularan virus corona yang cepat, karena penyakit ini bisa menginveksi siapa saja tanpa memandang usia, tingkat pendapatan ataupun asal usul etnis, sehingga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menganjurkan seluruh kegiatan di institusi Pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing.

        Keputusan pemerintah yang mendadak dengan meliburkan atau memindahkan proses pembelajaran dari sekolah menjadi di rumah, membuat banyak pihak harus beradaptasi termasuk pendidik (guru), peralihan cara belajar ini memaksa berbagai pihak untuk mengikuti alur yang sekiranya bisa ditempuh dengan pembelajaran langsung sehingga berubah menjadi pembelajaran daring dengan pemanfaatan penggunaan teknologi, dan pembelajaran luring dengan pemberian tugas

       Metode pembelajaran dari rumah disebut dengan metode pembelajaran secara daring (dalam jaringan) ini sebenarnya bukan hal baru, sebab dibeberapa negara terutama di negara maju kegiatan ini sudah terbiasa. Proses pembelajaran di perguruan tinggi apalagi tidak hanya di luar negeri namun di Indonesia juga sudah terbiasa dilaksanakan, atau sekolah yang sudah berstandar international, namun untuk pembelajaran tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah belum diterapkan sehingga diperlukan persiapan yang sungguh-sungguh agar bisa berjalan dengan baik dan guru harus menemukan cara yang menyenangkan dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ini dengan cara memberikan bahan ajar yang menarik untuk siswa sehingga siswa tidak merasakan kebosanan dan kejenuhan. Adapun beberapa cara pembelajaran daring yang menyenangkan yang bisa dilaksanakan oleh guru di masa pandemi ini adalah  sebagai berikut:

1. Pembuatan game pembelajaran yang menarik di dalam bahan ajar yang sesuai dengan materi pelajaran.

2. Pembuatan  video yang menarik atau membuat video kita sendiri dalam mengajar sehingga siswa merasakan seolah olah ada kita mengajar tatap muka.

3. Penggunaan media gambar yang menarik sehigga siswa tidak bosan dalam mengerjakan tugas.

4. Pemberian bahan ajar dengan cara menonton film yang sesuai dengan materi pembelajaran.

       Pembelajaran dengan menggunakan teknologi di zaman sekarang memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita, kemajuan teknologi memang memiliki pengaruh negatif dan positif, tetapi kita tidak bisa menghindari teknologi apalagi di masa pandemi Covid-19, dengan adanya pandemi Covid-19 ini membuat kita berpikir bagaimana proses pembelajaran berlangsung dengan metode yang bisa menyenangkan siswa tanpa ada tatap muka.

       Di samping itu, kesuksesan pembelajaran daring selama masa pandemi ini tergantung pada kedisiplinan semua pihak. Oleh karena itu pihak sekolah perlu membuat skema dengan menyusun manajemen yang baik dalam mengatur sistem pembelajaran secara daring, hal ini dilakukan dengan membuat jadwal yang sistematis, terstruktur dan simple untuk memudahkan komunikasi orangtua dengan sekolah, agar putra-putrinya yang belajar di rumah dapat selalu terpantau secara efektif. 

       Semoga pandemi Covid-19 dapat cepat berlalu, sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana seperti semula dengan kehadiran guru dan siswa yang saling berinteraksi langsung, Aamiin Ya Rabbal`alamin.




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top